Skip to content

Jelaskan Ciri Ciri Psikologis Seseorang Yang Telah Mengalami Pubertas

14 Ciri-Ciri Dewasa Penjelasan Lengkap
– dewasa adalah proses bertumbuhnya seseorang secara alami dan terus menerus berkembang. Dewasa bukan hanya umur yang semakin bertambah, ada factor-faktor tertentu yang menjadikan orang dewasa. Berikut ini kita akan membahas ciri-ciri dewasa, semoga bermanfaat artikel ini untuk anda pembaca.

sebelumnya membahas ciri-ciri dewasa, anda dapat membaca artikel pengertian dewasa terlebih dahulu:

Pengertian Dewasa, Ciri-Ciri Dewasa penjelasan Lengkap – Pelajarindo.com

Ciri-Ciri Dewasa

Ada beberapa ciri-ciri seseorang menjadi dewasa, dewasa bukan hanya di lihat dari umur saja, tetapi pola pikir dan menyikapi suatu masalah. Mengenai emosional dan mental juga mempengaruhi kedewasaan seseorang.

Berikut ini adalah ciri-ciri dewasa, anda ingin menjadi dewasa? Simak penjelasan 14 ciri-ciri dewasa sebagian besar manusia akan mengalami fase-fase tersebut.

Ciri-Ciri Dewasa Penjelasan Lengkap – Pelajarindo

1.      Berpikiran terbuka

Berfikir terbuka adalah ciri-ciri dewasa yang pertama. Berfikir terbuka dan tidak menutup diri untuk tidak mendengar sekitar dan peduli sekitar adalah bukan ciri-ciri dewasa. Kedewasaan seseorang adalah yang perduli dengan lingkungan sekitar. Misalnya mendengarkan keluhan orang sekitar, dan merespon pendapat orang lain. Ketika mendapat kritikan jadikan sebagai acuan memperbaiki diri. Hari demi hari akan menjadi lebih baik.

2.      Tidak Bergantung pada Orang Lain

Tidak bergantung pada orang lain adalah ciri-ciri dewasa selanjutnya. Harus mandiri dan bias mengurus diri sendiri. Ketika sudah bias mengurus diri sendiri baru mengurusi orang sekitar. Ketika masih bias di kerjakan sendiri maka kerjakanlah. Berusaha sekuat dan semaksimal mungkin. Jika sudah tidak sanggup, maka carilah bantuan.

Popular:   Apakah Anak Ipa Bisa Masuk Jurusan Psikologi

3.      Bisa Mengendalikan Diri

Bisa mengendalikan diri sendiri akan emosional. Bisa mengontrol emosi ketika keadaan suasana yang tidak nyaman dan bias menyikapinya dangan baik. Tidak terpancing dalam suasana yang kurang baik.

4.      Bertanggung Jawab.

Bias bertanggung jawab dan dapat di percaya adalah ciri-ciri dewasa yang selanjutnya. Pertanggung jawaban apapun itu adalah kedewasaan sekali. Jadi sebisa mungkin mempertanggung jawabkan apapun yang menjadi beban/tugas. Bertanggung jawab tentang sesuatu tidak mudah goyah ataupun luluh, seseorang yang dewasa akan mempertanggung jawabkan keputusannya.

5.      Merawat Diri

Seseorang di katakana dewasa ketika bias merawat diri sendiri. Pernah ada pepatah mengatakan ‘Merantaulah Agar kamu Merasakan Kehidupan’ itu benar menurut penulis. Ketika jauh dari orang tua maka akan merasakan bagaimana merawat diri sendiri. Kepribadian akan terbentuk bagaimana menerapkan sifat dan karakter tentang merawat diri sendiri.

6.      Menghargai Waktu

Meghargai waktu dan tidak menyia-nyiakan waktu adalah ciri-ciri dewasa selanjutnya. Menghargai waktu misalnya dating tepat waktu, tidak tidur lebih dari 8 jam, dan tidak terlambat. Kebiasaan orang Indonesia adalah terlambat dan menyia-nyiakan waktu. Cobalah lebih on time apapun agendanya.

7.      Bisa Mengambil Keputusan Sendiri

Pasti ada beberapa keadaan yang mendesak dan menekan mengambik suatu keputusan. Seseorang yang dikatakan dewasa akan mengambil keputusan sendiri dan bersedia bertanggung jawab akan keputusannya yang di ambil.

8.      Minta Maaf dengan Tulus Saat Berbuat Salah

Minta maaf dengan tulus saat berbuat salah adalah bentuk kedewasaan sekali. Tanpa memandang umur, jika salah akan meminta maaf itu hal yang keren. Seseorang yang dewasa akan mengatakan maaf terlebih dahulu.

9.      Lebih Serius dalam Menjalani Hubungan

Keseriusan dalam hal menjalin hubungan adalah ciri-ciri dewasa selanjutnya. Seseorang di katakana dewasa adalah orang yang bias berkomitmen, dan menjaga komitmennya. Seseorang yang berganti-ganti padangan atau yang pasangannya banyak tidak di katakana dewasa.

Popular:   Universitas Swasta Yang Ada Jurusan Psikologi

Anda juga bisa membaca artikel mengenai pengertian kepribadian, agar anda menambah wawasan

Pengertian kepribadian | Pelajarindo.com

Pengertian Stereotip Lengkap – Pelajarindo.com

10.  Tidak Mudah Terhasut

Seseorang yang dewasa adalah tidak mudah di hasut. Sekarang ini banyak sekali issue, sara, politik, hoaks yang mempengarui. Banyak sekali berita-berita hoaks yang sangat merugikan. Jangan mudah terhasut dan di pengarui hanya dengan membaca issue-isue yang tersebar di media social. Karena itu belum tentu kebenarannya.

11.  Sudah Menemukan Jati Diri yang Sebenarnya

Sudah menemukan jati diri yang sebenarnya adalah ciri-ciri dewasa selanjutnya. Mencari jati diri akan di temukan ketika seseorang sudah menemukan tujuan hidupnya. Mengerti hidupnya akan di bawa kemana, memahami passion hidup, dan impian-impiannya.

12.  Lebih Bijak dalam Mengatur Keuangan

Bias mengatur keuangan adalah bentuk kedewasaan. Meproitaskan yang terpenting dulu dan bisa menghemat untuk kedepannya. Jangan membuang-buang uang untuk kepentingan yang sebenarnya tidak anda butuhkan sama sekali.

13.  Mengedepankan Kebutuhan Orang Lain

Mengedepankan kebutuhan orang lain itu pilihan. Ketika tidak menyiksa diri sendiri maka membantu orang lain itu juga baik. Yang peling penting adalah jangan menyiksa diri sendiri.

14.  Mudah Beradaptasi

Dimanapun berada mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Beradaptasi adalah bentuk sosialisasi terhadap lingkungan. Dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan adalah bentuk kedewasaan. Jika anda belum bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitar maka anda belum di katakana dewasa.

Terima kasih sudah mengunjungi pelajarindo, semoga pada artikel ini anda mendapatkan apa yang anda cari. Salam hangat dari kami penulis
pelajarindo. Terus belajar dengan giat agar wawasan menjadi luas, dan terus lah berusaha mengalahkan apa yang menjadi rintangan anda kedepannya

Popular:   Cara Membaca Kepribadian Seseorang Secara Psikolog

Jelaskan Ciri Ciri Psikologis Seseorang Yang Telah Mengalami Pubertas

Source: https://pelajarindo.com/14-ciri-ciri-dewasa-penjelasan/