Skip to content

Soal Essay Psikologi Sosial Dan Jawabannya






UAS PSIKOLOGI UMUM





Dosen Pembimbing :



Dr. I Wayan Dharmayatna,M.Psi.



Nama



:



Afrilia Safitri




Npm

: A1L0150



24








UNIVERSITAS BENGKULU



Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan



Prodi Bimbingan dan Konseling



Tahun Akademik 2015/2016


1.



Jelaskan bahwa potensi heriditas sesorang dirumuskan ditransmisikan melalui kromosom dan gen, yang mempengaruhi karakteristik psikologis dan pisik orang ?

Jawaban :

potensi hereditas diterima dari orang tua lalu berpindah keketurunan dan dibawa oleh struktur yang dikenal dengan kromosom yang terdapat pada nucleus di setiap sel didalam tubuh.Hal tersebut dipertegas oleh

( atkinson, 1953,74)


unit hereditas yang
kita terima dari orang tua dan kita pindahkan kepada keturunan kita dibawa oleh struktur yang dikenal sebagai kromoson yang terdapat dalam nucleus dari setiap sel tubuh.setiap kromoson dari banyak unit heriditas yang disebut gen-gen adalah zat DNA yang merupakan pengangkut informasi genetik yang sebenarnya. Yang mempengaruhi ciri psikologis dan jasmania bebrapa gen yang bersifat dominan sebagian resesif, dan sebagian merupakan tautan seks.

Daftar pustaka :
Atkinson,
R
ita L

dkk.1953.Pengantar Psikologi.Batam:Interaksara.


2.



Jelaskan mengapa pandangan-pandangan orang penting di sekitar remaja menjadi potret diri yang kohesif? Apa akibatnya jika pandangan-pandangan yang ditrima tersebut tidak konsistik sesorang ?

Jawaban : pandangan-pandangan orang penting buat menjadi potret diri yang kohesif atau melekat untuk membangun remaja tersebut menjadi lebih pribadi yang lebih baik seperti contohnya :sesorang yang malas apabila ia sering dikatakan dianggap rajin oleh orang maka ia akan mencoba menjadi rajin untuk membuktikan pandangan orang tersebut terhadap dirinya.sebaliknya jika pandangan yang diterima bersifat tidak konsistik seperti orang yang sudah rajin apabila terus dikatakan bahwa ia malas maka ia akan menjadi pribadi yan malas sesuai dengan pandangan orang yang mengatakannya.


3.



Jelaskan hubungan antara pengindraan dengan persepsi,berfikir dan kesadaran sesorang ?

Pembentukan aktifitas kognitif dimulai dari penerimaan stimulus yang berupa objek atau hal-hal yang kita rasakan yang kemudian mendapat respon melalui proses penginderaan. Ketika melihat atau merasakan sesuatu pasti penginderaan kita akan berfungsi sebagai mestinya. Misalkan ketika melihat sesuatu, pasti indera penglihatan kita akan tertuju pada satu titik yaitu objek yang kita lihat tersebut. Dan pasti secara alami otak akan memproses apa yang dilihat oleh indera penglihatan dengan respon mulai berpikir. Dan mulai bertanya benda apakah itu?, Apa manfaatnya?, bagaimana modelnya?.

Setelah semua pertanyaan yang muncul pada otak, maka secara psikologis itu sudah bisa dibilang persepsi. Karena sudah terjadinya penyampaian pesan oleh alat indera ke otak. Setelah mengalami proses persepsi, maka alat indera akan berfungsi kembali untuk meneruskan atau merespon apa yang sudah dipikirkan pada otak. Alat indera akan merespon semua pertanyaan yang ada di otak dengan fungsinya masing-masing. Kaki pasti akan mendorong untuk mendekati benda yang sedang dilihat untuka mengetahui benda apakah itu?. Secara reflek pasti akan muncul pikiran di otak setelah mendekati benda tersebut, berbahaya atau tidakkah benda tersebut?. Jika belum mengetahui hal tersebut maka langkah kaki akan pelan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Setelah itu tangan akan mendorong untuk meraba memegang benda terebut. Karena ketika tadi pada waktu di otak, otak bertanya bagaimana model dan teksturnya?.

Popular:   Universitas Swasta Yang Ada Jurusan Psikologi

Setelah mengetahui benda tersebut misalkan bertekstur halus dan lembut. Pasti akan timbul kesan di otak dengan kesan yang fantastis karena mengetahui kehalusan benda tersebut. Dan wajah pasti akan mengekspresikan semua itu sebagaimana mestinya.

Selanjutnya timbullah asosiasi di otak, dengan mulainya muncul atau mulai ingatnya otak dengan hal-hal atau pengalaman yang sudah ada di dalam otak. Dengan tahunya otak akan bentuk dan tekstur setelah tangan meraba dan memegang benda tersebut, maka otak mulai mengolah dan mengingat kembali benda apakah itu, Dan itu pasti akan terjadi karena otak sudah pernah tahu dan menyimpan memori akan benda tersebut. Dan setelah itu otak pasti akan tahu apa kegunaan benda tersebut, dan jawaban dari apa yang dipertanyakan oleh otak tadi sudah bisa untuk terjawab semuanya.


4.



Jelaskan apa fungsi kesadaran bagi manusia?

Jawaban :

kesadaran adalah suatu hal
dimana organisme melakukan apapun yang disadarinya untuk kepentingan hidupnya maupun kebutuhan nya . hal ini dipertegas oleh

plerson dan trout dalam ( solso,2007,250 ) kesadaran meningkatkan kecendrungan bahwa suatu organisme akan mengerahkan atensinya dan akhirnya gerakannya keapapun yang paling penting bagi kelangsungan hidupnya dan bagi reproduksinya ( solso 2007,250)

Daftar pustaka : ( solso,robert ( dkk, 2007 psikologi kognitif, jakarta :erlangga )


5.



Sebutkan tiga tahapan dalam mengingat ?

Jawaban :

tiga tahapan dalam mengingat ialah:


1.



Enconding(memasukan) yaitu dimana kita memasukkan sesuatu informasi kedalam otak


2.



Storage stage (mempertahankan atau menyimapan) yaitu sebelapa lama dapat menyimpan informasi itu dalam ingatan dari tahap pertama tadi


3.



Retrival stage (pengulangan) terjadinya pengulangan pertemua dari tahapa enconding

Hal in dipertegas oleh(Richard,1987,234)


Tiga tahap dalam mengingat


1.



Ketika anda di perkenalkan dengan sesuatu cara anda memasukkan nama ernawati ke dalam ingatan. Ini adalah tahap “ encoding ”.


2.



Anda mempertahankan atau menyimpan nama itu selama waktu antara kedua pertemuan tadi. Ini adalah tahap “ storage stage “.


3.



Anda dapat mendapatkan kembali nama itu dari penyimpanan pada waktu pertemuan kedua. Ini adalah tahap mengingat kembali “ retrieval stage “.

Daftar pustaka : Rita,Richard. 1987. “ pengantar psikolog1”. Jakarta : erlangga.


6.



Jelaskan apa kaitan antara memory dan belajar ?

Jawaban :

belajar itu merupakan sebuah penyesuaian terhadap pengalaman yang telah dialami dan memori itu adalah sesuatu yang mengacu atau menunjukkan pada sebuah rekaman yang menjadi dasar penyesuaian tersebut. Hal ini dipertegas oleh (
Andersen.1997.24.


http://pba2011.blogspot.com
)

Kaitan memori dengan belajar : belajar mengacu pada proses adaptasi perilaku terhadap pengalaman dan memori menunjuk pada rekaman permanen yang mendasari adaptasi tersebut.


7.



“bahasa sering dikaitkan dengan cara berfikir sesorang “, jelaskan kaitan antara bahasa dengan pikiran

Jawaban :


Pikiran mempengaruhi bahasa”. Hal ini dikarenakan, semua tindakan manusia dilandasi oleh pola pikir (pikiran). Pola pikir yang baik akan menghasilkan tindakan yang baik, termasuk berbahasa. Misal, manusia yang hilang akal (tidak memiliki otak/pikiran yang berfungsi normal) tidak akan mampu berbahasa dengan baik dan benar. Seperti halnya anak-anak pra sekolah pada umumnya belum mampu berbahasa dengan lancar karena memiliki kosakata yang terbatas dibandingkan orang dewasa normal. Hal ini disebabkan karena pada usia pra sekolah kemampuan otak mereka belum berkembang dengan sempurna.
Hal tersebut dipertegas oleh

teori wilhelm von humboldt, seorang serjana jerman pada abad k-19, menekankan adanya ketergantungan manusia pada bahasa. Mengenai bahasa itu sendiri von, humboldt berpendapat bahwa suptansi bahasa itu terdiri dari dua bagian, bagian pertama berupa bunyi-bunyi dan bagian lainya berupa pikiran-pikiran yang belum terbentuk.

Popular:   S2 Psikologi Kelas Karyawan Di Jakarta



Dengan demikian bunyi bahasa merupakan bentuk luar, sedangkan fikiran adalah bentuk dalam.bentuk luar bahasalah yang kita dengar sedangkan bentuk dalam bahasa ada didalam otak kita.kedua bentuk inilah yang membelenggu manusia dan menentukan cara berfikirnya dengan kata lain, von humboldt berpendapat bahwa struktur suatu bhan menyatakan kehidupan dalam pikiran penutur baahasa itu sendiri.

Daftar pustaka:


Rita,richard.1987.pengantar psikologi.jakarta :erlangga.


8.



Jelaskan komponen-komponen dari emosi ?

3 komponen dasar Emosi:

          Cognitive Component

     Emosi kita dipengaruhi oleh kepercayaan, pandangan terhadap sesuatu. Ketika ada seorang karyawan sudah menyukai pekerjaannya, orang tersebut akan menikmatinya dengan sepenuh hati. Ketika dia percaya bahwa tugas sebagai cleaning service adalah tugas yang mulia dengan alasan mereka membuat tempat menjadi bersih, orang-orang menjadi nyaman dibuatnya. Cleaning Service tersebut akan bekerja semaksimal mungkin untuk membersihkan bagiannya itu. Sebaliknya jika ada seorang Cleaning service yang beranggapan pekerjaanya itu adalah sesuatu yang sepele, dan merupakan pekerjaan tingkat rendah dan hina. maka dia dalam bekerja akan merasa tersiksa, karena tidak dengan sepenuh hati.



Phisiological Component
Kalau kita diserang singa, tangan kita akan melindungi muka kita dari cakar dan giginya. kalau kita malam-malam jam 12 malam, tiba-tiba ada orang lari mengejar kita, pasti kita akan merasa ketakutan bahkan lari. Tubuh kita akan memunculkan sinyal-sinyal tertentu, seperti detak jantung yang semakin memburu, darah yang mengalir semakin cepat, grogi, keringat dingin, dan lainnya. kita harus mengetahui tanda-tanda tersebut. dan harus tahu bagaimana mengatasinya.

Behavioral Component
Setiap orang mempunyai cara-caranya sendiri untuk mengungkapkan emosinya. Seperti kalau kita sedang bahagia kita akan tersenyum. kalau sedang sedih kita akan menangis dan lain-lain. setiap masyarakt mempunyai budaya nya sendiri-sendiri (qory,2013,




http://jasmineboy.co.id/2013/02/tiga-komponen-dasar-emosi.html)


9.



“emosi yang kuat biasanya akan melibatkan rangsangan fisiologis” jelaskan apa maksud pernyataan tersebut!

Jawaban :
maksudnya adalah sebuah emosi yang kuat atau besar itu dapat mempengaruhi rangsangan atau perubahan
terhadap fungsi tubuh seperti saat
takut kiata akan merasakan gemetaran terhadap tubuh kita . hal ini dipertegas oleh

( atkinson, 1953,88)

jika kita mengalami suatu emosi yang kuat, seprti rasa takut atau marah, kita mungkin merasakan sejumlah perubahan pada tubuh termasuk denyut jantung dan pernapasan ynag cepat, rasa kering ditenggorokan dan mulut, berkeringat, gemetaran dan perasaan tertekan dilambung.

Popular:   Apakah Anak Ipa Bisa Masuk Jurusan Psikologi

Daftar pustaka: Atkinson,Rita l.1953.Pengantar Psikologi .Batam: Interaksara

10.


Jelaskan kenapa agresi terjadi ,menurut teori belajar sosial!

Jawaban :

sikap agresi dapat terjadi apabila seorang individu mendapatkan hal-hal yng tidak baik atau sikat agresif dilingkungan rumah maupun sekolahnya hal tersebudapat membuat individu tersebut terbiasa melihat dan selanjutnya akan meniru prilaku agresif yang menyebabkan sebuah agresi hal ini dipertegas oleh

( atkinson, 1953,284)


menurut teori belajar sosial agresi dapat terjadi jika sesorang anak laki-laki yang dapat penguatan karena agresi fisik dirumah, juga sekolah dan saat bermain kemungkinan akan membentuk suatu keperibadian yang agresif . lebih sering respon agresif mendapat hadiah yang berbeda, dan diskriminasi yang dipelajari menentukan situasi dimana individu akan menunjukan agresi

Daftar pustaka: Atkinson,Rita l.1953.Pengantar Psikologi .Batam: Interaksara

11.


Jelaskan secara singkat istilah berikut :


a.



Obat psikoaktif


b.



Meditasi


c.



Hipnosis


d.



Agresi


e.



IQ


f.



WISC,WAIS


g.



Pengasuhan autoritatif

Jawaban :


a.



Obat psikoaktif

:obat-obatan yang mempunyai efek psikologis yang dapat menyebabkan halusinasi.


obat-obatan yang mempunyai efek psikologis yang digunakan untuk merangsang/ menenangkan/menyebabkan mengantuk, mempertinggi persepsi umum atau menyebabkan halusinasi. ( atkinson, 1953,268)

Daftar pustaka: Atkinson,Rita l.1953.Pengantar Psikologi .Batam: Interaksara


b.






Meditasi :

Perubahan kesadaran seorang individu dimana dia akan merasakan kehilangan kesadaran akan dirinya sehingga merasakan terlibat dalam kesadaran yang lebih luas .

perubahan tingkat kesadaran dimana individu sangat relaks dan merasa
lepas dari dunia luar,individu hilang kesadaran dirinya dan merasa terlibat dalam kesadaran yang lebih luas ( atkinson, 1953,701)

Daftar pustaka: Atkinson,Rita l.1953.Pengantar Psikologi .Batam: Interaksara


c.



Hipnosis :

respon yng telah dicapai setelah induksi hipnotik .

keadaan responsif yang tercapai setelah indukisi hipnotik atau ekuvalenya ( atkinson, 1953,694)

Daftar pustaka: Atkinson,Rita l.1953.Pengantar Psikologi .Batam: Interaksara


d.



Agresi :

tindakan individu yang dapat melukai atau menyakiti makhluk lain.

setiap tindakan mahkluk yang ditunjukan untuk menyerang dan menyakiti mahkluk lainya. ( davidoff,1991,73)

Daftar pustaka: Davidoff,Linda L.1991.Psikologi suatu pengantar .Jakarta: Erlangga


e.



IQ :
suatu nilai atau hal yang dapat diukur dengan angka yang menggambarkan hasil pada tes kecerdasan dengan membandingkan hasil terhadap tes orang lain .


suatu indeks angka yang menggambarkan prestasi relatif pada tes kecerdasan, dengan membandingkan prstasi seorang terhadap orang lainya, dalam jangka usia yang sama. ( davidoff,1991,366)

Daftar pustaka: Davidoff,Linda L.1991.Psikologi suatu pengantar .Jakarta: Erlangga


f.



WISC,WAIS :

alat-alat yang digunakan untuk mengukur intelegensi anak-anak maupun orang dewasa.

WISC (Wechsler Intelligence Scalefor children) alat tes intelegensi untuk anak-anak .WAIS (Wechsler Adult Intelligence Scale)
alat tes intelegensi untuk orang dewasa ( atkinson, 1983,467)

daftar pustaka : atktinson, rita, dkk, 1983,pengantar psikologi, jakarta : erlangga


g.



Pengasuhan autoritatif :

cara mengasuh atau mendidik anak dengan cara mengkombinasikan atau menggabungkan pengendalian yang tinggi terhadap prilaku anak-anaknya dengan keakraban,bimbingan serta komunikasi yang baik.

pola pengasuhan yang mengkombinasikan pengendalian yang tinggi perilaku anak-anaknya dengan kehangatan dan bimbingan dan komunikasi dua arah ( atkinson, 1953,674)

Daftar pustaka: Atkinson,Rita l.1953.Pengantar Psikologi .Batam: Interaksara

Soal Essay Psikologi Sosial Dan Jawabannya

Source: http://afril04.blogspot.com/2016/03/v-behaviorurldefaultvmlo.html