Skip to content

Cara Bikin Ongol Ongol Dari Singkong

Anda sedang mencari inspirasi resep Ongol-ongol singkong yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Ongol-ongol singkong yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Ongol-ongol singkong, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Ongol-ongol singkong enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Ongol-ongol singkong sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Ongol-ongol singkong memakai 10 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Ongol-ongol singkong:

  1. 1 kg singkong parut
  2. 50 gr tepung tapioka
  3. 180 gr gula pasir
  4. 1 1/2 bungkus agar-agar putih
  5. 1 sdk teh vanili bubuk
  6. 1/4 sdt garam
  7. 200 ml santan instan
  8. Pewarna makanan
  9. 2 buah pisang tanduk (dibagi 2 memanjang)
  10. 1 buah kelapa parut

Langkah-langkah untuk membuat Ongol-ongol singkong

1

Campurkan semua bahan kecuali pewarna makanan, pisang, dan kelapa hingga merata

2

Pisahkan menjadi 2 adonan, masing-masing beri pewarna sesuai selera (saya: merah & hijau)

3

Masukkan adonan ke dalam wadah tahan panas (sesuaikan dengan wadah, kira2 ketebalan adonan 0.5 cm), tambahkan pisang, tutup pisang dengan adonan sampai menutupi pisang

5

Kukus kelapa yang sudah diberi sedikit garam (sesuai selera) selama +- 20 menit

6

Setelah ongol-ongol bisa dikeluarkan dari wadah, potong – potong sesuai selera, gulingkan potongan ongol-ongol ke dalam kelapa yang sudah dikukus

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Es buah sirup melon

Berbuka dgn yg menyegarkan dan mengembalikan stamina yuks #RamadanCamp_Misi5 #CeritaDapurHariIni #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Tangerang

Opor hati ayam kentang

Opor hati ayam kentang

Resep dari mamaku sendiri, cuman mamak suka bikin opor dari daging ayam, kali ini aku pakai hati ayam + kentang.

Buko pandan ala rumahan

Buko pandan ala rumahan

#Ramadhan camp_Misi 5,#Cerita Dapur Hari Ini, pengen makan yg seger dan manis menggoda selera untuk berbuka, coba cek resep kudapan manis di cookpad ada liat minuman manis ya udah saya coba variasikan sendiri aja deh ide bikin minuman yg lagi banyak dijual disini buko pandan jadi dech kreasi liat resep di cookpad dan kreasi seadanya dech, jadi juga minumannya maantaap kata anak2

Dadar gulung

Dadar gulung

Ceritanya suami lagi pengen makn kue kesukaan nya. Jadi cuss d buat dech

Buko Pandan Creamy

Buko Pandan Creamy

Bikin dessert ini ditungguin sama bocil yang sudah tak sabar mau makannya. Pagi sudah nanyain mau beli kelapa muda. Siang bangun tidurpun tanya. Bisa kebayang memang ya rasanya yg creamy menggoda sekali untuk disantap. #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Yogyakarta #Kopijos #selaluistimewa #pekanposbar #KopijosRamadan #RamadanCamp_Misi5 #CeritaDapurHariIni #IdeMasak #bukopandan #bukopandancreamy #menubukapuasa

Klemet (Kue Kelapa)

Klemet (Kue Kelapa)

Hari ini ada pesanan kue basah untuk acara perkumpulan dosen-dosen. Bikin lah klemet.

Puding Telur Mata Sapi

Puding Telur Mata Sapi

Saya dan adek saya yg paling kecil favorit bangettt ama yg namanya puding. Setiap dirumah ada acara arisan pasti yg utama bikin puding,salah satunya puding ini. Puding ini juga pas bangett untuk teman berbuka. #RamadanCamp_Misi5 #CeritaDapurHariIni #PejuangGoldenBatikApron #AnekaPuding #CookpadCommunity_Solo.

Rendang sapi praktis

Rendang sapi praktis

Hari ini saya bikin resep tepat besok sudah mulai puasa, jd siang tadi saya olah makanan yang lumayan mewah untuk sahur pertama hihi

Lado mudo / sambal ijo padang

Lado mudo / sambal ijo padang

Jangan takut lihat jumlah cabenya, setelah direbus jadi tidak pedas. Pernah coba pakai daun jeruk tapi jadinya malah pahit. Pernah pakai bawang putih juga hasilnya tidak seperti yg di rumah makan padang. Lebih sedap pakai minyak kelapa, kalau tidak ada, minyak sawit biasa tidak apa apa Untuk dicoba selanjutnya: 1. Bawang tidak direbus. 2. Sambal tidak digoreng, hanya disiram minyak panas Resep modifikasi: https://cookpad.com/id/r/15223961 dan https://vt.tiktok.com/ZSdr4x2Kj/

Kue sipir (akar kelapa)

Kue sipir (akar kelapa)

Kue jadul,, yang satu ini selalu ada di toples saat idul fitrii.. Selain bentuk nya yang unik ,,cara buat nya juga beda dg kuker2 lainnya..karena banyak sdara yng seneng sma kue ini jd tiap bikin pasti,mesti ,kudu,harus ,wajib banyak ,,, heheee jd….. Yuu cuuss kita eksekusi 😁😁😁😁

Es Kuwut Khas Bali

Es Kuwut Khas Bali

Menu yang menggoda dan wajib ada saat berbuka puasa selain gorengan pastinya minuman yang menyegarkan sebagai pelepas dahaga. Salah satu minuman segarr favorit pasukan dirumah adalah Es Kuwut, warna ijo yang menyegarkan dan bikin lapar mata sebelum berbuka jadi ga sabar menunggu bedug berkumandang 😁🤭. Minuman Es Kuwut ini rasanya memang menyegarkan, apalagi pakai air kelapa jadi benar-benar mengganti elektrolit tubuh yang hilang saat berpuasa, apalagi cuaca Solo sangat terik di siang hari, minuman ini cocok banget jadi menu pilihan saat berbuka puasa. Gampil banget buatnya…must try ya bunda2 dijamin ketagihan dengan kesegarannya😁🤗🫰 #RamadanCamp_Misi5 #PejuangGoldenBatikApron #WongSoloMasak #CookpadCommunity_Solo #Timlo #olahanesbuah

Popular:   Resep Kue Nastar Ukuran 1 2 Kg

Gulai Ayam

Gulai Ayam

Pengen bikin gulai ayam Kalau di daerah ku biasanya gulai ayam disajikan seperti ini Yg bikin enak tuh karna dikasih irisan bawang merah , daun jeruk & tomat..rasanya jadi makin seger mantep 😋👍 Pake sambel kacang yg dikasih kecap Yuk cobain H-1 Ramadhan🙏

Ayam Bakar Pedas Manis - menu sehat

Ayam Bakar Pedas Manis – menu sehat

Menu ayam bakar kali ini khusus dada tanpa tulang dan kulit. Lbh sehat tentunya tanpa kulit ayam. Dan agar tidak eneg rasa yg manis saja, kali ini aku tambahkan pedasnya.

Bolu Kelapa Pandan🍰🌼

Bolu Kelapa Pandan🍰🌼

Rasanya.. seminggu ga nengokin cookpad koq lamaaa, gitu yah…secara, cookpad buatku skrg bisa jadi media belajar masak sekaligus penghilang stress dr tugas² yg gada abis²nya ( tapi juga jd penyebab gagal diet nih😚). Long weekend ini udah ada bbrp planning nih buat nguprek dapur (moga² ga gagal maning), yg pertama…bolu kelapa muda ini.. mumpung punya stok. Rasa kelapa mudanya gurih enak, dipadu wangi pandan, cucok buat temen ngopi.Yuk cuuzz💁🙋

Gulai ayam padang minang

Gulai ayam padang minang

Week 10 #PejuangGoldenBatikApron Kali ni resep ayam gulai padang.. recook dr resep nya @desmawatikuretangin sy cm tmbhkan asam kandis 🤩🤩 Wangi rempah nya bnr2 spti ayam gulai di warung nasi padang.

Cara Bikin Ongol Ongol Dari Singkong

Source: https://resepnikmat.z21.web.core.windows.net/16129785-ongol-ongol-singkong.html