Saat cuaca panas, orang-orang akan mencari minuman yang dapat menghilangkan haus serta memberikan kesegaran. Biasanya mereka akan pergi ke kafe, warung, ataupun memesan minuman segar melalui ojek online.

Sekarang ini memang banyak orang yang menjual minuman kekinian dengan rasa yang unik.  Cara membuatnya tentu cukup mudah. Terpenting, Anda harus membeli bahan-bahannya dulu selengkapnya supaya bisa segera membuat minuman ketika pesanan datang.

1. Es cendol gula merah

Bahan cendol :

  • 100 grm Tepung Beras
  • 500 ml Air
  • 1 bungkus Nutrijel Tanpa Rasa
  • Secukupnya Pewarna Makanan
  • Secukupnya Air Es

Cara Membuat :

  1. Campurkan semua bahan jadi satu, aduk rata. Masak diatas api kecil hingga kental dan licin, angkat
  2. Masukan kedalam plastik segitiga ⁣
  3. Masukan cendol kedalam air es dengan cara menekan cendol yang ada didalam plastik segitiga. (jika ada cetakan cendol itu lebih baik ya)
  4. Biarkan cendol hingga benar2 setel. Kemudian saring.

Bahan gula merah :

  • 180 grm Gula Merah
  • 20 grm Gula Putih
  • 1 sdt Vanili
  • 1 ikat daun pandan
  • 50 grm Nangka cincang/blender
  • 300 ml air
  • 2 sdm Tepung Maizena, cairkan dengan air

Cara Membuat :

  1. Campurkan semua bahan kecuali tepung maizena. Masak dengan api kecil, tambahkan cairan tepung maizena, aduk hingga mengental.
  2. Angkat. Sisihkan

Bahan santan :

  • 200 grm Santan Kara
  • 300 grm Air
  • 50 grm Susu Kental Manis (boleh ditambahkan sesuai selera lidah untuk tingkat kemanisan)⁣
  • 1 sdt Garam
  • 1 ikat Daun Pandan
  • 1 sdt Vanili Cair

Cara Membuat :

  1. Rebus dengan api kecil semua bahan santan, hingga mendidih, angkat dan sisihkan.

Bahan tambahan :

  • Secukupnya Nangka, potong dadu
  • Secukupnya Es Batu

Cara penyajian :

  • Letakan Saus Gula merah didalam gelas masukan nangka, cendol, es batu, santan, dan tutup dengan nangka kembali.
  • Es Cendol siap disajikan.

2. Alpukat kocok

IMG 20210612 WA0015

Bahan :

  • Alpukat matang secukupnya
  • Susu kental manis secukupnya bisa coklat atau putih atau kombinasi keduanya
  • Susu full cream secukupnya
  • Topping sesuai selera keju / milo

Cara buat :

  1. Lumatkan alpukat dengan garpu, boleh tambah gula atau sirup gula bisa suka
  2. Beri susu kental manis, dan es batu serut (es batunya saya haluskan pakai chopper mitochiba)
  3. Beri susu cair secukupnya
  4. Brri topping sesuai selera

3. Jelly Cincau Pandan

IMG 20210612 WA0017 1

Bahan :

  • 1 bungkus nutrijel cincau
  • 800 cc jus air pandan
  • 50 grm gula pasir
  • Sedikit garam

Cara :

  1. Campur semua bahan, masak hingga mendidih tuang dalam loyang, dinginkan potong² sesuai selera.

Bahan kuah :

  • 50 grm fibercrme
  • 500 cc air
  • Secukupnya Gula merah dan sedikit garam

Cara :

  1. Sisihkan sedikit air buat melarutkan fibercreme, sisa air didihkan dengan gula merah,garam uda mendidih masukan fibercreme adukrata. Siap sajikan dengan jeli cincau pandan.

4. Pisang Ijo

IMG 20210612 WA0008

Bahan pisang ijo :

  • 8 Pisang raja
  • 150 gr tepung beras
  • 50 gr tepung sagu
  • 500 ml santan
  • 100 gr gula
  • Pasta pandan secukupnya
  • Daun pisang untuk membungkus

Bubur sumsum :

  • 100 gr tepung beras
  • 50 gr gula
  • 500 ml santan
  • 2 ikat pandan
  • 1/2 sdt vanili ⁣

Cara membuat :

  1. Campurkan semua bahan masak dg api kecil, aduk2 biar tidak menggumpal, tunggu sampai meletup2 (matikan)

Bahan saos :

  • 300 ml santan mental
  • 1 sdm tepung beras
  • 1 sdm maizena
  • 80 gr gula
  • 1/2 sdt pasta vanilla

Bahan pelengkap :

  • Sirup cocopandan
  • Susu kental Mani’s
  • Es batu
Popular:   Cara Membuat Bakso Tahu Kuah Tanpa Daging

Cara membuat :

  1. Bahan pisang ijo campur tepung beras , tepung sagu, gula, pasta pandan, santan masak dengan api kecil sampai meletup2 ( sisihkan).
  2. Siapkan daun pisang , ambil adonan pisang ijo , letakan pisang raja diatas adonan lalu gulung padatkan. Bentuk menyerupai lontong. lakukan hingga adonan habis .
  3. Kukus kurang lebih 15-20 menit.

Cara membuat saos :

  1. Campur semua bahan , santan, tepung beras, maizena, gula, aduk rata sampai meletup2 angkat.

Cara menyajikan :

  1. Siapkan mangkuk , es batu, pisang ijo ,saos lalu siram dengan sirup cocopandan dan susu kental manis.

5. Pudding buah

IMG 20210612 WA0012

Bahan pudding :

  • 1 bks agar2 putih (7g)
  • 1/2 bks nutrijell kelapa muda (7,5g)
  • 200-250 gula pasir
  • 1300 ml susu cair full cream
  • Bahan es lainnya:
  • (buah bisa ditambah buah apa sj sesuai selera dan potong2/serut sesuai selera)
  • 1/4 bh semangka uk sedang
  • 1/4 bh blewah uk sedang
  • 2 bh alpukat uk besar
  • 2 kaleng buah leci kalengan
  • 1 kaleng susu kental manis
  • Air secukupnya
  • Es batu secukupnya

Cara memasak:

  1. Pudding susu : dlm panci campur semua bahan pudding jadi satu aduk rata, didihkan sambil diaduk
  2. (jika tdk suka terlalu manis beri gula 200 gr, jika suka manis beri gula 250 gr)
  3. Angkat dan hilangkan uapnya sebentar lalu tuang ke loyang,dinginkan pada suhu ruang kemudian masukkan kulkas, potong2/serut sesuai selera
  4. Dalam wadah, masukkan potongan pudding beserta bahan es lainnya, aduk rata koreksi rasa, tuang kegelas/mankok, sajikan.
  5. (bisa ditambah sirup sesuai selera, bunda tdk pke karena anak2 lebih suka pke susu saja). .
  6. Selamat mencoba.

6. Es Manado

IMG 20210612 WA0006

Bahan :

  • Alpukat 1.
  • Pepaya tdk terlalu matang 1 uk kecil.
  • Nangka 6bj bisa +/- (selera).
  • Sirsat 1.
  • Jelly (nutrijell bisa bikin 3bks sesuai selera, kl aku nutrijell degan, orange, bluberry)
  • Nata de coco 1 (uk 1000gr).
  • Susu kental manis 1 (aku pake carnation).
  • Sirup lychee 2btl ( aku pake abc squash).
  • Es batu
  • Air sesuai selera

Cara Membuat :

  1. Buat jelly (nutrijell) terlebih dahulu 3bks nutrijell sesuai petunjuk pemakaian dibungkus, air bisa dikurangi 500-600ml, setelah jadi jelly potong dadu.
  2. Kupas buah sirsat buang bijinya, pepaya buang bijinya & bersihkan potong dadu, alpukat potong dadu, nangka disuwir.
  3. Masukan ke dalam wadah semua buah yg sdh dipotong, jelly, nata do coco, susu skm, sirup, es batu, air, aduk rata, es manado siap disajikan.

7. Pallu Butung

IMG 20210612 WA0009

Bahan :

  • 5 buah pisang kepok Tua Matang tapi jangan yang lembek.
  • Syrup Merah cocopandan Secukupnya
  • Es Batu/Es Serut Secukupnya

Bahan fla sumsum :

  • 500 cc santan kental dari 1 butir kelapa.
  • 50 gram tepung beras (kekentalan sesuai selera)
  • 1 lembar daun pandan
  • 50 gr gula pasir ( manis sesuai selera )
  • 1/2 sdt garam

Cara membuat :

  1. Kukus Pisang Dengan kulitnya Hingga matang,Sisihkan ( kupas saat hendak disajikan )
  2. Ambil 50 gr tepung beras,encerkan dengan mengambil sedikit santan, aduk rata supaya tidak bergerindil lalu campurkan dengan sisa bahan santan,gulapasir,garam,daun pandan,Masak dengan api kecil, aduk terus agar tidak bergerindil, didihkan sampai meletup2 dan mengental,matikan api,tunggu fla hangat/dingin suhu ruang.

Penyajian :

  1. Tata dalam Wadah,potongan pisang,beri fla sumsum secukupnya,siram syrup merah secukupnya,beri es batu/es serut.
  2. Oya kalo suka lebih manis,bisa ditambahkan susu kental manis secukupnya
  3. Es pallu butung Siap diSajikan
Popular:   Cara Membuat Rainbow Cake Kukus Tanpa Mixer

8.Es palli

IMG 20210612 WA0005

BAHAN :

  • 500 grm cincau,potong2 kecil
  • kelapa muda secukupnya (jika suka)
  • 1 liter susu UHT, (bisa dignti santan jika tak suka susu)
  • es batu secukupnya
  • air gula merah (300 ml air dimasak dgn 150 grm gula merah & 2 lbr daun pandan) atau tambahkan lg gula jika suka manis

Cara :

  1. Masukan cincau & kelapa muda dlm wadah lalu tuangkan susu UHT & air gula merah,aduk rata,tambahkan es batu,sajikan.

9. Soda Yakult

IMG 20210612 WA0016

Bahan :

  • Jeruk kaleng or jeruk segar juga oke
  • Air soda (me pake sprite)
  • Jeruk nipis
  • Yakult
  • Es batu

Cara :

  1. Masukkan jeruk ke dalam gelas, tekan2 jeruk dg sendok agar hancur dan airnya keluar..tuang es batu, kemudian air soda, beri perasan jeruk nipis, terakhir tuang susu yakult.

10. Kelapa muda jeruk

IMG 20210612 WA0018

Bahan :

  • 1 Buah Kelapa Muda
  • 6 Buah Jerus Peras, peras airnya
  • 1 sdt Selasih, rendam air hangat
  • 5 sdm Gula Pasir, larutkan dengan air hangat
  • Sedikit air jeruk nipis (boleh di skip)
  • Es batu secukupnya

Cara Membuat :

  1. Keruk daging buah kelapa, campur dengan air kelapa, perasan jeruk, selasih, dan larutan gula pasir, tambahkan sedikit perasan jeruk nipis, aduk rata.
  2. Simpan di kulkas atau beri es batu secukupnya.
  3. Tuang di gelas saji, sajikan dingin.

11. Es Buah

IMG 20210612 WA0014

Bahan-bahan:

  • 100 gram fibercreme
  • 1 liter air
  • 75 gram gula pasir (atau sesuai selera)

Secukupnya :

  • rumput laut putih
  • mangga
  • anggur
  • mangga
  • nata de coco
  • apel
  • cendol
  • sagu mutiara (masak, hingga mengembang)⁣
  • biji selasih

Cara membuat:

  1. Campur fibercreme gula, dan , lalu masak sampai mendidih dan gula larut.
  2. Angkat dan biarkan sampai uap panas hilang. Masukkan ke dalam lemari es minimal 4 jam atau biarkan selama semalam, kuahnya akan lebih enak.
  3. Campur semua bahan, aduk rata biarkan 1 atau 2 jam dikulkas biar meresap dan dingin, Siap sajikan.

12. Bongko Delima

IMG 20210612 WA0004 1

Bahan:

100 gr sagu mutiara

Bongko:

100 gr tepung

60 gr tepung hunkue

180 gr santan kental/instan

1/2 sdt garam

500 ml air pandan suji

Saus gula merah:

200 gr gula merah

100 ml air

sejumput garam

selembar daun pandan, sobek2

susu cair secukupnya utk kuah

Cara membuat:

Didihkan air, masukkan sagu mutiara. Masak sekitar 15 menit, matikan api, tutup panci, biarkan sekitar 30 menit. Masak lagi 10 menit, tiriskan. Rendam ke dlm air es, lalu tiriskan.

Campur semua bahan bongko. Masak sambil diaduk dngn whisk sampe mulai mengental. Matikan api.

Pindahkan ke loyang, kukus sekitar 10 menit. Biarkan dingin, lalu potong2.

Campur semua bahan saus gula merah. Masak sampai gula merah meleleh semua.

Penyajian: ambil potongan bongko, sagu mutiara, tuang susu cair, lalu beri saus gula merah sesuai selera. Jgn lupa es batunya, segerr

13. Campur Natade Coco

IMG 20210612 WA0010 1

Bahan :

  • 1 bungkus Natade Coco
  • 3 sdm selasih
  • 50 gr mutiara (rebus sampai menggembang )
  • 1/4 buah melon keruk buahnya
  • 3-4 sdm Gula larutkan( bisa ditambah kalau suka manis)
  • Secukupnya es batu

Cara :

  1. Campur semua bahan aduk rata.
  2. Susun digelas melon , mutiara natadecoco , selasih Dan es batu lalu siram dengan larutan gula aduk sebelum diminum.

14. Es Leci

IMG 20210612 WA0013

Bahan :

  • Leci kaleng
  • Nata de coco
  • Selasih
  • Jelly (boleh rasa apa aja)
  • Susu kental manis
Popular:   Cara Buat Mie Tiaw Goreng Enak

Cara Membuat :

  1. Campur semua bahan jd 1, tambahkan es batu, sajikan dingin

15. Es Merah Putih

IMG 20210612 WA0011

Bahan – bahan :

  • Semangka, secukupnya
  • Nata de coco, secukupnya
  • Rumput laut, secukupnya
  • SKM putih, secukupnya
  • 1 sdm biji selasih, seduh air panas
  • Sirup frambozen, secukupnya
  • Es batu, secukupnya
  • Air, secukupnya

Langkah :

  1. Tata dalam gelas es batu, semangka, nata de coco n rumput laut.
  2. Tuang secukupnya air, sirup n SKM. Tambahkan biji selasih di atasnya. Sajikan.

16. Sagu Gula Melaka

10. Sagu Gula Melaka 1

Bahan :

  • 2 cawan sagu putih⠀
  • 5-6 cawan air⠀
  • Pewarna ikut suka⠀
  • 2 helai daun pandan

Cara2:⠀

  1. Sagu tu cuci bersih & rendam bersama pewarna lebih kurang 20 menit.
  2. Panaskan air & daun pandan hingga mendidih & masukkan sagu.
  3. Kacau2 supaya masak sekata hingga tak ada biji2 putih & likat.

Kuah:⠀

  • 1 tin susu cair⠀
  • 1 ketul gula melaka⠀
  • 1/4 gula merah ⠀
  • 3/4 cawan air⠀
  • 1 helai daun pandan

Cara2:⠀

  1. Masak air..gula melaka..gula merah & daun pandan hingga larut & sejukkan.
  2. Sudukan gula melaka ke dlm gelas/acuan.. Masukkan sagu & tuangkan susu cair.

17. Es Milo Cincau

IMG 20210612 WA0027

Bahan :

  • 1 kotak cincau uk sedang
  • es batu sesuai selera
  • 2 sc milo
  • 1 sc skm coklat
  • 2 sdm gula/sesuai selera
  • 1 l air matang

Cara membuat :

  1. Kupas apukat dan potong kecil, cuci cincau potong kecil
  2. Masukkan milo, skm, dan gula dalam wadah beri 100ml air hangat larutkan
  3. Masukkan air, cincau dan apukat ke larutan milo, aduk2 tambahkan es batu, hidangkan.

18. Cincau susu gula merah

IMG 20210612 WA0024

Bahan :

  • 400 gram Cincau hitam potong dadu
  • 500 ml susu uht full cream plain
  • 3 sachet susu kental manis putih
  • 2 sdm fiber cream (optional)
  • 150-200gram gula merah ( sesuai selera)
  • Es batu secukupnya.

Cara :

  1. Rebus gula merah dg 150ml air. Kemudian saring dan dinginkan.
  2. Dalam wadah masukkan susu full cream plain, susu kental manis, fiber cream aduk rata.

Penyajian :

  1. Ambil gelas saji tuang larutan gula merah di dasar gelas, cincau kemudian tuang susu dan dinginkan di lemari es.
  2. Beri es batu saat menjelang beduk magrib.

19. Latte Cincau

IMG 20210612 WA0025

Bahan :

  • 1 saset kopi mix latte
  • 50 ml SKM coklat
  • 2 sdm gula pasir
  • 250 ml air matang
  • Es batu secukupnya
  • Cincau, serut dng parutan keju
  • Meises secukupnya

Cara membuat :

  1. Seduh kopi dng air panas dulu kemudian tunggu hangat baru blender bersama SKM, gula dan air sampai tercampur rata.
  2. Siapkan gelas saji.. isi es batu dan serutan cincau, kemudian tuang campuran kopi, aduk perlahan dan atasnya beri taburan meises.
  3. Siap di sajikan.

20. Es teler

IMG 20210612 WA0026

Cara membuat :

  1. Buah2nya masih seger
  2. Kelapa muda
  3. Alpukat nya mulus bersih, potongan nya gendut2
  4. Nangkanya manis banget kayak kamu
  5. Kolang-kalingnya besar2 dan empuk, (Bagus untuk kesehatan tubuh, salah satunya Tulang)
  6. Coconut milk nya wangi pandan
  7. Ditambahin fresh milk & es batu
  8. Manis nya pas, terlafff banget
  9. Kita juga bisa buat dirumah nih
  10. Coconut milk yg gurih + susu kambing plan & madu yg manis
  11. Klo buahnya mau diganti kurma dipotong2

Pendapat Anda?