Skip to content

Gangan Asam Kepala Patin Khas Banjar

Resep Sayur asam kepala patin(banjar) yang Sempurna

Linnie Kelley
03/11/2020 22:28

Sayur asam kepala patin(banjar)

Lagi mencari inspirasi resep sayur asam kepala patin(banjar) yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal sayur asam kepala patin(banjar) yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sayur asam kepala patin(banjar), pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan sayur asam kepala patin(banjar) yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian spesial.

Resep Cara Membuat Sayur Asem Ikan Patin Khas Banjarmasin Resep sayur asem khas Banjarmasin ini sangatlah spesial karena terdapat ikan patin sebagai salah. Bahan utama dari Sayur asam ini adalah kepala ikan kakap. Kupas asam segar lalu tumbuk kasar Saute bumbu halus dengan sedikit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan sayur asam kepala patin(banjar) sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Sayur asam kepala patin(banjar) menggunakan 15 bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Sayur asam kepala patin(banjar):
  1. Ambil 2 kepala patin
  2. Siapkan Lengkuas seruas jari
  3. Sediakan Kuncit seruas jari
  4. Gunakan 4 butir kemiri
  5. Siapkan 5 siung bawang merah
  6. Ambil 3 siung bawang putih
  7. Ambil 5 biji cabe ijo segar
  8. Ambil 1 batang sereh
  9. Ambil 1 ikat kangkung
  10. Sediakan 2 bigi tomat
  11. Sediakan 2 bigi belimbing wuluh
  12. Gunakan 1 ikat kacang panjang
  13. Siapkan 1/2 liter air
  14. Siapkan Garam (sesuai selera)
  15. Siapkan Msg (sesuai selera bisa diganti dgn gula)
Popular:   Resep Pepes Ikan Mas Tanpa Daun Pisang

Sayur Asem khas Banjar siap disajikan. Mari kita coba gangan asam kepala patin, sajian sedap yang bisa kamu cek resepnya di sini! Ya, gangan asam kepala patin merupakan kuliner khas Sumatra yang sangat khas. Sulit menemukan sajian ini di belahan Indonesia lainnya.

Cara membuat Sayur asam kepala patin(banjar):
  1. Haluskan bumbu kunyit, kemiri,bawang merah, bawang putih, lengkuas, sereh. Tumis sampai harum
  2. Rebus air sampai mendidih
  3. Masukan bumbu yang ditumis dan kepala patin yang sdh dibersihkan
  4. 2menit perebusan kepala patin dan bumbu masukan sayur, kangkung, kacang panjang, tomat yg dihiris, cabe ijo dihiris, belimbing wuluh yg diris. Rebus hinga 3menit.
  5. Setelah 5menit semua direbus angkat sajikan dgn nasi hangat dan sambal
  6. Kenapa sebentar merebus cuman 5menit?karna ikan patin ikan yg berlemak jadi cepat matang bilang kelamaan merebus ikan akan hancur

Sayur asem Jakarta yang membedakan dengan sayur asam lainnya adalah pemakaian cabe dan kemiri. Maka dari itu kuahnya terlihat keruh. Selain menggunakan bumbu iris, ada trik membuat sayur asem bening yang benar-benar bening, yaitu tidak menggunakan asem tetelan atau asam. Resep Sayur Asam Banjar Khas kalimantan Timur Yang Paling Enak , Jangan Lupa Subscribe, untuk mengetahui resep resep. Sayur asam Banjar Kalimantan atau yang sering disebut Gangan Asam memiliki ciri tersendiri jika dibandingkan dengan sayur asam di daerah lainnya.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Sayur asam kepala patin(banjar) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!

Popular:   Resep Brownies Ketan Hitam 4 Telur

Gangan Asam Kepala Patin Khas Banjar

Source: https://kreasimasakan.com/ragam/2224-resep-sayur-asam-kepala-patinbanjar-yang-sempurna/