Skip to content

Cara Memasak Jantung Pisang Agar Tidak Pahit Dan Hitam

KOMPAS.com– Selain buahnya, jantung pisang juga bisa kamu olah menjadi makanan lezat.

Ada banyak resep masakan tradisional yang mengolah jantung pisang. Namun perlu diperhatikan, jantung pisang harus diproses dengan baik untuk menghilangkan getah dan rasanya yang pahit.

Selain itu, jantung pisang juga mudah berubah warna menjadi hitam. Tentu saja, jantung pisang yang menghitam bisa memengaruhi tampilan dari masakan.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut cara mengolah jantung pisang agar tidak menghitam, pahit, dan cepat empuk. Cocok jadi bahan utama tumisan sayur yang lezat.

Baca juga: Resep Jantung Pisang Tanpa Santan, Coba Tumis Pedas Saja

1. Pilih jenis jantung pisang

Dilansir dari buku “SajianKu VOL 12/I/2014: Serba-Serbi Menjaga Nutrisi Sayuran Saat dimasak, Mengenal Bumbu Dapur Indonesia” oleh Team Dapur Lezat terbitan PT Pertiwi Mediasindo menjelaskan kalau tidak semua jenis pisang enak diolah menjadi masakan.

Itu karena ada beberapa jantung pisang yang memiliki kandungan tannin yang tinggi. Kandungan tannin inilah yang menyebabkan rasa pahit atau sepat dari jantung pisang.

Oleh karena itu, kamu bisa memilih jantung pisang jenis klutuk atau pisang batu. Pasalnya, jantung pisang jenis ini tidak terlalu banyak memiliki getah.

Baca juga: 4 Jenis Pisang yang Cocok untuk Gorengan yang Manis

2. Cara potong jantung pisang

Setelah memilih jantung pisang yang enak, langkah mengolah yang selanjutnya adalah mengupas dan memotong jantung pisang.

Dilansir dari laman
Fine Dining Lovers, langkah pertama dari memotong jantung pisang adalah kupas bagian kelopak terluarnya.

Kupas sampai terlihat jantung pisang yang berwarna merah muda atau putih. Saat mengupas kelopak jantung pisang yang berwarna merah gelap dan teksturnya gelap.

Popular:   Cara Membuat Cilok Sederhana Dengan Terigu Saja

Tersembunyi bunga di balik kelopaknya. Kamu bisa mengolah bunga dari jantung pisang menjadi masakan. Pastikan untuk mencabut putik di bagian dalam bunga.

Kalau jantung pisang yang berwarna merah muda atau putih sudah terlihat. Belah menjadi dua bagian.

Ditambahkan dari laman
The Kitchn, potong bagian ujung jantung pisang terlebih dahulu. Kemudian belah menjadi dua bagian dan iris tipis seperti mengiris bawang bombai.

Baca juga: 4 Cara Masak Pare Supaya Tidak Pahit, Rendam Pakai Garam

3. Rendam dengan air asam


DOK.SHUTTERSTOCK/ARIEF BUDI KUSUMA
Ilustrasi jantung pisang.

Masih di laman
Fine Dining Lovers, jantung pisang memiliki kelopak berlapis. Saat dipotong, kelopak dari jantung pisang mudah menghitam jika terkena udara karena kandungan besinya.

Oleh karena itu, rendam potongan jantung pisang dan bunga dari jantung pisang ke dalam air asam seperti perasan lemon, jeruk nipis, atau cuka.

Dilansir dari laman
The Spruce Eats, gunakan sebanyak satu sendok makan salah satu dari ketiga bahan asam tersebut untuk dua gelas air.

Air asam tersebut juga bisa membantu mengurangi rasa pahit dari jantung pisang.

Baca juga: 4 Cara Masak Bunga Pepaya agar Tidak Pahit

4. Masak dengan air garam

Setelah bunga dan jantung pisang direndam dengan air asam, rebus air secukupnya. Tambahkan dengan garam secukupnya.

Masukkan jantung pisang ke dalam air mendidih dalam panci. Potongan bunga dan jantung pisang cukup ringan sehingga mudah mengapung di permukaan air dalam panci.

Kamu bisa menekan jantung pisang dengan saringan agar tidak mengapung. Hal itu juga agar jantung pisang empuk dan matang sempurna.

Baca juga: Cara Rebus Daun Pepaya agar Tidak Pahit dan Lunak

Popular:   Cara Membuat Cilok Kenyal Dan Gurih

5. Bilas dan peras dengan air bersih

Cara olah jantung pisang agar tidak pahit selanjutnya adalah bilas jantung pisang yang sudah direbus dengan air bersih.

Siapkan satu wadah berukuran sedang dengan air bersih dan saringan bersih. Masukkan jantung pisang dan peras hingga beberapa kali untuk menghilangkan getahnya.

Baca juga: 8 Cara Masak Jengkol agar Tidak Bau dan Tidak Pahit

6. Tiriskan dan olah dengan berbagai bumbu masakan

Kalau jantung pisang dirasa sudah empuk dan getahnya hilang. Tiriskan dan siapkan berbagai bumbu masakan untuk mengolah jantung pisang.

Ada cara memasak jantung pisang santan yang mudah untuk diikuti. Yaitu masak dengan resep lodeh jantung pisang.

Selain dimasak dengan santan, kamu bisa mengolah jantung pisang dengan cara ditumis dengan berbagai bumbu agar lebih praktis.


Buku “SajianKu VOL 12/I/2014: Serba-Serbi Menjaga Nutrisi Sayuran Saat dimasak, Mengenal Bumbu Dapur Indonesia” oleh Team Dapur Lezat terbitan PT Pertiwi Mediasindo bisa dibeli di Gramedia.com.

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Cara Memasak Jantung Pisang Agar Tidak Pahit Dan Hitam

Source: https://www.kompas.com/food/read/2021/07/30/190700375/6-cara-olah-jantung-pisang-agar-cepat-empuk-dan-tidak-hitam?page=all