Skip to content

Cara Membuat Bolu Kukus Mekar Sempurna Tanpa Mixer Dan Oven

Olahan praktis bolu kukus mekar bisa banget kamu buat di rumah, yuk simak resepnya yang pasti tanpa ribet dan anti gagal berikut ini!

Bingung ingin membuat olahan camilan untuk keluarga? Bosan dengan olahan camilan yang itu-itu melulu dan sudah biasa dijual oleh abang-abang pinggir jalan. Hati-hati, nggak baik juga lho, kalau kamu sering jajan di luar. Apalagi sekarang lagi musimnya wabah penyakit terutama virus corona yang sudah masuk di Indonesia. Wah, wajib hati-hati ya dalam meilih makanan dan pola hidup.

Nah, daripada bingung untuk memilih menu camilan apa yang enak untuk keluarga, mending kamu membuat sendiri deh olahan cemilan yang praktis dan tentunya mudah untuk kamu buat di rumah. Nggak perlu khawatir lagi, karena dijamin cemilan yang kamu  buat lebih terjamin kebersihannya.

Nah, salah satu menu camilan manis yang cocok kamu hidangkan untuk keluarga tercinta adalah bolu kukus mekar. Cara membuatnya pun sangatlah sederhana dan tentunya anti gagal. Cara membuat bolu kukus mekar sangatlah bervariasi, kamu bisa membuat bolu kukus mekar dengan bahan pandan, pisang, dan coklat. Daripada penasaran, yuk langsung saja simak resep mudah cara membuat bolu kukus mekar yang telah Diadona ulas di bawah ini. Selamat mencoba!


1 dari 10 halaman

1. Cara Membuat Bolu Kukus Mekar Sempurna

Ilustrasi Bolu Kukus Mekar Sempurna

Ilustrasi Bolu Kukus Mekar Sempurna © Liputan6.com

Kebanyakan orang mungkin beranggapan kalau cara membuat bolu kukus mekar sedikit susah. Tak jarang pula mereka akan gagal membuatnya karena tidak bisa mekar. Nah, nggak perlu khawatir, kamu tetap bisa membuat bolu kukus ini, kok. Dijamin akan mekar sempurna. Langsung saja deh simak resep cara membuat bolu kukus mekar sempurna berikut ini.

Bahan:

– 100 gram tepung terigu

– 100 gram gula pasir

– 200 gram mentega, lelehkan
– 5 butir telur ayam

– 50 gram coklat bubuk

– 190 ml susu kental manis coklat

– 1 sdt cake emulsifier

– 5 butir telur ayam

– Loyang kue

Cara membuat bolu kukus mekar sempurna:

  1. Ayak tepung terigu kemudian sisihkan. Masukkan bahan gula, telur, dan cake emulsifer dalam wadah kemudian kocok menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi. Kocok terus hingga adonan mengembang.
  2. Tambahkan coklat bubuk dan susu kental manis coklat, kocok lagi hingga benar-benar rata. Turunkan kecepatan mixer kemudian masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit. Tambahkan juga mentega yang telah dicairkan. Aduk lagi menggunakan wish hingga rata.
  3. Siapkan loyang yang sudah diolesi mentega. Masukkan adonan dalam loyang hingga tinggi loyang. Kukus adoann dalam loyang selama 20 menit atau hingga mengembang. Setelah matang, diamkan dalam suhu ruanagn selama 5 menit dan keluarkan dari loyang.

2 dari 10 halaman

2. Cara Membuat Bolu Kukus Mekar Tanpa Soda

Ilustrasi Bolu Kukus Mekar Tanpa Soda

Ilustrasi Bolu Kukus Mekar Tanpa Soda © Youtube.com/@RunAwayRice

Cara membuat bolu kukus mekar sangatlah mudah. Tanpa harus menggunakan soda kue, kamu tetap bisa membuatnya, kok. Berikut resep lengakap cara membuat bolu kukus mekar tanpa soda selengkapnya.

Bahan:


– 1 butir telur ukuran besar
– 125 gram gula pasir
– 125 gram terigu protein rendah
– 1/2 sdt SP
– 65 ml susu UHT
– 1/4 sdt vanilla bubuk

Pelengkap:

– Secukupnya pasta

Cara membuat bolu kukus tanpa soda:

  1. Panaskan kukusan selama 15 menit dengan api sedang. Sambil menunggu kukusan panas, siapkan bahan dengan mencampur semua bahan menjadi satu. Mixer selama 5 menit atau sesuaikan dengan mixer masing-masing hingga kental dan putih berjejak.
  2. Ambil sebagain adonan kemudian beri pasta sesuai selera. tuang adonan di cetakan atau cup kemudian kukus selama 10-15 menit. Selama mengukus, lapisi tutup dengan kain bersiuh agar uap air tidak menetes dalam adonan yang dikukus.
Popular:   Cara Membuat Cendol Dari Agar Agar

3 dari 10 halaman

3. Cara Membuat Bolu Kukus Mekar dan Lembut

Ilustrasi Bolu Kukus Mekar

Ilustrasi Bolu Kukus Mekar © Liputan6.com

Kebayangkan, gimana enak dan lembutnya olahan bolu kukus mekar yang kamu buat? Yap, bisa menjadi kebanggaan tersendiri loh ketika kamu berhasil untuk membuat suatu olahan makanan. Langsung saja deh simak resep cara membuat bolu kukus mekar dan lembut di bawah ini.

Bahan:

– 250 gram tepung terigu segitiga
– 180 gram gula pasir
– 2 butir telur
– 200 ml sprite
– 1/2 sdm SP
– 1/2 sdt vanilli

Cara membuat bolu kukus mekar dan lembut:

  1. Masukkan semua bahan kecuali terigu dan sprite. Mixer bahan hingga mengembang, kental, dan berjejak. Masukkan sedikit demi sedikit sprite dan terigu secara bergantian. Beri pewarna makanan sesuai selera.
  2. Tuang adonan hingga penuh dalam cetakan dalam kukusan. Kukus adonan dalam cetakan selama 10-15 menit dengan api sedang. Setelah matang, angkat dari kukusan dan diamkan sebentar dalam suhu ruangan. Bolu kukus mekar siap dinikmati.

4 dari 10 halaman

4. Cara Membuat Bolu Kukus Mekar Tanpa Mixer

Ilustrasi Bolu Kukus Mekar Tanpa Mixer

Ilustrasi Bolu Kukus Mekar Tanpa Mixer © Instagram.com/@kuweh.id

Kamu ingin membuat bolu kukus mekar tapi nggak punya mixer? Wah, apa bisa ya? Tenang, bolu kukus mekar juga bisa kamu buat dengan simple walaupun tanpa menggunakan mixer. Simak aja deh resep cara membuat bolu kukus mekar tanpa mixer di bawah ini.

Bahan:

– 300 gram tepung terigu
– 200 gram gula halus
– 60 gram coklat bubuk
– 1/2 sdt soda kue
– 1 sdt baking powder
– 250 ml air
– 100 ml margarin cair

Cara membuat bolu kukus mekar tanpa mixer:

  1. Campur semua bahan kering, ayak bahan kering terlebih dahulu. Masukkan air dan margarin cair, aduk hingga rata.
  2. Masukkan adonan dalam cup kertas dan cetakan bolu kukus. Tata dalam kukusan yang sudah dipanaskan. Tutup dengan penutup yang dialasi kain bersih.
  3. Kukus adonan dalam cetakan selama 20 menit dengan api besar, jangan dibuka selama proses pengukusan. Setelah matang, siap untuk disajikan.

5 dari 10 halaman

5. Cara Membuat Bolu Kukus Gula Merah Mekar

Ilustrasi Bolu Kukus Mekar Gula Merah

Ilustrasi Bolu Kukus Mekar Gula Merah © Instagram.com/@wawawiati

Banyak sekali varian rasa bolu kukus mekar yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Yap, salah satu bahan yang bisa kamu gunakan adalah gula merah. Yuk, langsung saja simak resep cara membuat bolu kukus mekar gula merah sederhana di bawah ini. Dijamin kamu bakal suka.

Bahan:

– 200 gram gula merah
– 50 gram gula pasir
– 2 butir kuning telur
– 250 gram tepung terigu segitiga
– 1 helai daun pandan
– 1 bungkus vanili bubuk
– Sejumput garam
– 300 ml air
– 100 ml minyak goreng
– 1/2 sdt soda kue
– 1/4 sdt baking powder

Cara membuat bolu kukus gula merah mekar:

  1. Rebus gula merah bersama dengan daun pandan dan garam. Masak hingga mendidiih kemudian diamkan dingin dalam suhu ruangan. Mixer kuning telur bersama gula pasir, soda kue dan baking powder hingga mengental dengan kecepatan tinggi.
  2. Masukkan tepung terigu, vanili dan gula secara bergantian hingga habis ke dalam adonan telur. Mixer lagi adonan dengan kecepatan rendah. Tuang minyak sedikit demi sedikit sambil terus diaduk.
  3. Masukkan adonan dalam cetakan cup hingga terisi penuh. Kukus dengan api besar pada kukusan yang sebelumnya sudah dipanaskan terlebih dahulu. Lapisi serbet bersih pada penutupnya. Kukus adonan selama 15 menit. Setelah matang, angkat dan siap disajikan.

6 dari 10 halaman

6. Cara Membuat Bolu Kukus Pelangi Mekar

Ilustrasi Bolu Kukus Mekar Pelangi

Ilustrasi Bolu Kukus Mekar Pelangi © Pinterest.com/resepkoki

Popular:   Cara Bikin Kue Ulang Tahun Kukus

Bolu kukus mekar pelangi dengan warna yang menarik ini bisa menjadi salah satu varian camilan manis yang lezat. Nggak hanya kamu yang akan suka, tapi anak-anak juga akan tertarik untuk mencobanya. Yuk buat sendiri camilan manis dengan melihat resep cara membuat bolu kukus mekar pelangi di bawah ini.

Bahan:

– 4 telur
– 400 gram gula pasir
– 400 gram terigu segitiga
– 250 sprite
– 1 sdm susu bubuk
– 1 sdm SP

Cara membuat bolu kukus mekar pelangi:

  1. Campur semua bahan menjadi satu kecuali SP. Setelah adonan kental, masukkan SP kemudian mixer kecepatan tinggi hingga berjejak. Berikan warna sesuai selera (MEJIKUHIBINIU).
  2. Siapkan kukusan hingga panas dan jangan lupa untuk memberikan alas kain pada penutupnya. Taruh adonan dalam cetakan atau cup dan kukus selama 15 menit. Setelah matang, angkat dari kukusan dan dinginkan suhu ruangan. Bolu kukus mekar pelangi siap disajikan.

7 dari 10 halaman

7. Cara Membuat Bolu Kukus Coklat Mekar

Ilustrasi Bolu Kukus Mekar Coklat

Ilustrasi Bolu Kukus Mekar Coklat © Liputan6.com

Bahan coklat bubuk juga bisa kamu manfaatkan untuk membuat olahan bolu kukus mekar yang lezat menggoda. Memang benar ya, olahan bahan coklat memang selalu ada hampir disetiap makanan kue. Langsung saja deh eksekusi dengan melihat resep mudah cara membuat bolu kukus mekar coklat berikut ini.

Bahan:

– 150 gram terigu
– 30 gram bubuk cokelat
– 90 gram gula halus
– 2 1/2 gram soda kue
– 2 1/2 gram baking powder
– 125 ml susu UHT, ultra mini
– 60 ml minyak

Cara membuat bolu kukus mekar coklat:

  1. Panaskan kukusan terlebih dahulu. Sambil menunggu kukusan panas, campurkan bahan terigu, bubuk coklat, gula halus, baking powder, soda kue, dan susu cair. Mixer bahan dengan kecepatan 1. Masukkan minyak dan mixer lagi hingga rata.
  2. Tuangkan ke calam cetakan lalu kukus adonan dalam cetakan selama 20 menit. Tutup kukusan dilapisi serbet agar airnya tidak menetes dalam adonan. Setelah matang, segera angkat dari kukusan dan diamkan suhu ruangan. Bolu kukus mekar coklat siap dihidangkan.

8 dari 10 halaman

8. Cara Membuat Bolu Kukus Pandan Mekar

Ilustrasi Bolu Kukus Mekar Pandan

Ilustrasi Bolu Kukus Mekar Pandan © Huangkitchen.com

Nggak hanya coklat aja nih. Kamu juga bisa membuat olahan bolu kukus mekar dengan menggunakan pasta pandan. Dijamin deh, kamu bakal merasakan sensasi gurih sedapnya aroma santan. Tak hanya itu, warna hijau dari pasta pandan ini akan membuat kamu semakin tertarik untuk memakannya. Simak langsung resep cara membuat bolu kukus mekar pandan di bawah ini.

Bahan:

– 2 butir telur ayam
– 200 gram gula pasir, atau sesuai selera
– 100 ml santan
– 100 ml jus pandan, blender 100 ml air dengan 10 lembar daun pandan
– 1/4 sdt vanili cair
– 1/4 sdt garam
– 1/4 sdt baking powder
– 1/2 sdt baking soda
– 250 gram tepung terigu protein rendah, merek kunci biru
– 100 ml minyak goreng

Cara membuat bolu kukus mekar pandan:

  1. Panaskan panci untuk mengukus, sambil menunggu panci panas, rebus bahan santan, jus pandan dan 150 gram gula pasir hingga gula larut dan mendidih. Mixer sisa gula 50 gram, vanili cair dan telur hingga adonan putih, kental, dan mengembang.
  2. Masukkan bahan kering berupa garam, baking soda, baking powder, dan terigu sedikit demi sedikit selang seling dengan adonan santan. Tetap mixer adonan dengan kecepatan rendah hingga tercampur rata. Masukkan minyak goreng kemudain aduk balik dengan menggunakan spatula.
  3. Masukkan adonan ke dalam cetakan yang sudah dialasi dengan kertas cup, masukkan adonan tinggi penuh dan kukus dengan menggunakan api besar selama 20 menit. Tutup panci dengan dialasi kain bersih agar uap air tidak menetes. Jangan buka tutup kukusan selama proses mengukus.
Popular:   Cara Membuat Asem Asem Ikan Patin

9 dari 10 halaman

9. Cara Membuat Bolu Kukus Jagung Manis Mekar

Ilustrasi Bolu Kukus Mekar Jagung Manis

Ilustrasi Bolu Kukus Mekar Jagung Manis © Huangkitchen.com

Dengan memanfaatkan jagung mkanis, kamu juga bisa membuat olahan bolu kukus mekar yang nikmat. Yap, kamu harus menghancurkan dulu bahan jagung manis dengan sedikit air dengan alat blender. Penasarankan, gimana sih cara membuatnya? Apakah enak? Langsung saja deh simak resep mudah cara membuat bolu kukus mekar dengan bahan jagung manis berikut ini.

Bahan:

– 150 gram jagung manis
– 50 ml air
– 1 butir telur
– 100 gram gula pasir
– 1/2 sdt SP
– Sejumput garam
– Secukupnya vanili
– 180 gram tepung terigu
– 1 bungkus susu kental manis
– 50 ml minyak
– Sedikit pewarna kuning
– 1/2 sdt baking powder
– 1/2 sdt soda kue

Cara membuat bolu kukus mekar jagung manis:

  1. Blender dengan bertekstur kasar bahan jagung dan air, kemudian sisihkan. Mixer gula pasir, telur, vanili, garam dan SP hingga putih dan berjejak. Masukkan susu dan jangung, kemudian aduk rata. Masukkan juga tepung terigu, baking powder, dan soda kue. Aduk rata dan terakhir masukkan minyak, aduk lagi bahan hingga merata.
  2. Siapkan cup kukus dan alasi dengsn kertas kukus. Kukus adonan dalam cup selama 10 menit dan jangan dibuka selama proses mengukus. Setelah matang, angkat dari kukusan, diamkan dingin suhu ruangan dan siap disajikan.

10 dari 10 halaman

10. Cara Membuat Bolu Kukus Pisang Mekar

Ilustrasi Bolu Kukus Mekar Pisang

Ilustrasi Bolu Kukus Mekar Pisang © Mykitchen101en.com

Bahan lainnya yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat olahan bolu kukus mekar adalah dengan menggunakan pisang sederhana yang sering kita temui. Membuat olahan enak nggak harus mahal, kok. Kamu tentu saja bisa membuat olahan super lezat kreasi sendiri dengan melihat resep cara membuat bolu kukus mekar pisang di bawah ini.

Bahan:


– 150 gram, pisang embun atau bisa menggunakan pisang apa saja
– 150 ml air
– 250 gram tepung terigu
– 150 gram gula
– 1 bungkus vanili
– 1 sdt baking powder
– 1 sdt soda kue
– 5 sdm minyak goreng
– 1 bungkus susu
– 1/2 sdt garam

Cara membuat bolu kukus mekar pisang:

  1. Haluskan pisang dengan menggunakan garpu. Masak gula dengan 150 ml air hingga gula larut, aduk-aduk agar gula tidak menggumpal. Matikan api saat gula sudah larut kemudian masukkan pisang yang sudah dihaluskan tadi.
  2. Jika sudah dingin, maka campurkan air gula dan pisang, tepung terigu, baking powder, soda dan garam. Aduk bahan hingga rata dan terakhir masukkan minyak.
  3. Panaskan kukusan, masukkan adonan ke dalam cetakan dan kukus selama 20 menit. Jangan terlalu banayk memasukkan cup adonan dalam kukusan, jangan buka tutup kukusan selama proses mengukus.

Itulah beberapa resep mudah cara membuat bolu kukus mekar yang cocok banget kamu buat di rumah dengan menggunakan bahan dan perlengkapan sederhana. Ingat, nggak perlu lagi deh sering-sering membeli jajan dan makanan di luar. Sekarang kamu bisa sendiri membuat olahan camilan yang lezat, ekonomis, dan tentunya sehat. Bagaimana, tertarik membuatnya? Yuk, segera persiapkan bahan cara membuat bolu kukus mekar ini, ya!

Baca juga yuk:
14 Makanan Ini Anti Basi, Bisa nih Jadi Setok Jangka Panjang

  • Cara Masakan
  • Makanan
  • Kuliner
  • Ratu Organic
Daftarkan email anda untuk berlangganan berita terbaru kami

Terkait

Jangan Lewatkan


Cara Membuat Bolu Kukus Mekar Sempurna Tanpa Mixer Dan Oven

Source: https://www.diadona.id/food/10-cara-membuat-bolu-kukus-mekar-pelangi-lembut-sempurna-tanpa-soda-dan-mixer-dengan-gula-merah-cokl.html