Skip to content

Cara Membuat Onde Onde Biar Tidak Kempes

KOMPAS.com
– Onde-onde merupakan salah satu camilan khas peranakan yang disukai semua kalangan. Onde-onde berbentuk bulat kopong dengan isian kacang hijau.

Cara membuat onde-onde sebetulnya praktis, bahkan resepnya bisa dikreasikan dengan berbagai bahan tambahan. Namun jika pembuatannya keliru onde-onde akan kempis dan tidak mengembang.

Baca juga:

  • Resep Onde-onde Anti Kempis, Bisa untuk Jualan

  • Apa Adonan Onde-onde Bisa Disimpan untuk Besok?

Untuk mencegahnya, berikut cara membuat onde-onde agar tidak kempis menurut Diding Diding Supriatna, Asisten Chef Dim Sum dari hotel Gran Melia Jakarta.

1. Pemilihan tepung

Bahan utama onde-onde adalah tepung ketan. Selain tepung ketan, kamu bisa memakai tepung lainnya, seperti tepung
tangmien. Atau, dapat juga menggunakan campuran keduanya

“Karena beda tempat, beda
recipe, mungkin kalau yang dulu saya pernah bikin, pakai tepung
tangmien. Kemudian ditambahin tepung ketan, kasih gula, kemudian kita kasih air dingin,” jelasnya Diding kepada Kompas.com, Selasa (19/10/2021).


SHUTTERSTOCK/HANDMADEPICTURES
Ilustrasi tepung beras ketan.

Beberapa resep onde-onde juga menambahkan bahan lain untuk campuran, misalnya tepung tapioka dan kentang. Menurut Diding sebetulnya hal tersebut boleh saja, tapi dapat memengaruhi tekstur kulit setelah digoreng.

“Kalau yang onde-onde enggak pakai campuran tepung lain, modern sekarang ini, lebih
crispy. Cukup dengan tepung ketan, gula, sama soda saja,” katanya.

2. Takaran bahan

Cara membuat onde-onde agar tidak keras yakni dengan memastikan bahwa takaran masing-masing bahan sesuai. Namun takaran tersebut bisa disesuaikan dengan resep dan kebutuhan.

Baca juga:

  • 15 Dessert Khas Imlek, Ada Kue Ku dan Onde-onde

  • Resep Onde-onde Ubi Ungu, Cuma 3 Langkah Masak

3. Keuletan adonan

Adonan kulit onde-onde harus cukup air agar saat digoreng tidak pecah dan teksturnya empuk.

Popular:   Cara Buat Es Krim Tanpa Mixer

“Kemungkinan kalau adonannya pecah itu terlalu keras, kurang air. Kalau begitu ya tinggal ditambahin air saja,” ungkap Diding.

4. Perhatikan api dan suhu minyak

Onde-onde aroma kopi yang dijual Warung Mbok Dhe di Festival Lawang Kota Tua, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Kamis (27/9/2018).
KOMPAS.com/ANDI HARTIK
Onde-onde aroma kopi yang dijual Warung Mbok Dhe di Festival Lawang Kota Tua, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Kamis (27/9/2018).

Kunci keberhasilan onde-onde anti kempis yakni pada proses menggorengnya. Saat menggoreng, pastikan untuk mengatur api dan suhu minyak dengan tepat agar onde-onde tidak kempis.

Baca juga:

  • Tips Membuat Onde-onde biar Empuk dan Tidak Kempis Saat Dingin

  • Cara Goreng Onde-onde agar Empuk dan Tidak Gosong

Minyak untuk menggoreng onde-onde tidak perlu terlalu panas, cukup suam-suam kuku. Untuk apinya juga harus disesuaikan, pertama kecil lalu setelah mengambang bisa dibesarkan.

“Nah triknya itu, di saat onde-onde mengembang, kan biasanya kalau goreng onde-onde apinya enggak terlalu gede. Cukup dengan hangat kuku, itu suhu minyaknya, kemudian kita aduk pelan sekali, jangan sampai wijennya rontok,” ujar Diding.

5. Goreng sambil ditekan

Selama proses menggoreng, onde-onde bisa sambil ditekan supaya mengembang dan tidak kempis. Hal ini dapat dilakukan setelah onde-onde mulai naik ke permukaan minyak.

“Nah setelah onde-ondenya naik, dia kan sendirinya akan naik, mengembang. Kalau di saat mengembang itu, ditekan pakai saringan pelan-pelan. Tekan angkat tekan angkat,” papar Diding.

Baca juga: Resep Onde-onde Keju buat Jualan Kue Kekinian

Ilustrasi onde-onde.
DOK.SHUTTERSTOCK/KETUT MAHENDRI
Ilustrasi onde-onde.

6. Segera sajikan

Onde-onde yang sudah jadi akan lebih nikmat jika disantap sesegara mungkin. Pasalnya, setelah satu jam, onde-onde akan mulai berubah teksturnya.

“Itu enggak pernah lama, sampai berjam-jam enggak. Mungkin sekitar satu jam itu mungkin sudah berubah teksturnya,” jelas Diding.

Popular:   Cara Membuat Agar Agar Campur Roti Tawar

“Memang mending dikonsumsi langsung. Kalau enggak habis, dimakan besok jatuhnya sih ya jadi alot,” pungkasnya.

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Cara Membuat Onde Onde Biar Tidak Kempes

Source: https://www.kompas.com/food/read/2021/10/23/090900875/6-cara-membuat-onde-onde-agar-tidak-kempis-dan-keras?page=all