Skip to content

Resep Martabak Manis Teflon Tanpa Soda Kue

Olahan hits kekinian yang enak nggak harus kamu beli terus, kamu juga bisa kok membuatnya sendiri di rumah. Yuk, berkreasi dengan martabak manis yang lembut di rumah!

Sangat berbeda dengan martabak telur, martabak manis adalah jenis sajian kue atau roti isi selai dan aneka topping lain yang umumnya dimasak di atas teflon. Martabak manis merupakan makanan khas dari Bangka. Dikutip dari jelajahmartabak.blogspot.co.id martabak manis bernama asli Hok Lo Pan. Hok Lo Pan atau Martabak diciptakan oleh orang-orang Hakka (Khek) Bangka. Satu-satunya di dunia, makanan orang suku Hakka (khek) yang memakai nama suku Hoklo. Hampir semua orang di kota-kota besar seperti di kota Jakarta mengenal Martabak Bangka, nama aslinya di Bangka adalah Hok Lo Pan (Martabak). Arti Hurfiah Hok Lo Pan (Martabak) adalah Kue Orang Hok Lo.

Nah, nggak perlu ke Bangka juga ya kalau mau makan olahan manis dan lembut ini. Kamu tentunya juga bisa membuatnya sendiri di rumah dengan bahan sederhana dan anti ribet. Dijamin kamu pasti akan suka karena rasanya yang lezat dan manis serta cocok banget untuk menu camilan ditemani dengan seduhan teh hangat. Pas banget menemani waktu bercengkrama bareng keluarga. Yuk, langsung saja deh bergegas dan berkreasi dengan resep cara mebuat martabak manis yang telah Diadona ulas di bawah ini. Selamat mencoba!


1 dari 7 halaman

1. Cara Membuat Martabak Manis Mini

Ilustrasi Matabak Manis MIni

Ilustrasi Matabak Manis MIni © Pinterest.com/brilicious.brilio

Bahan:

Bahan adonan:

– 250 gram terigu
– 1/2 sdt baking powder
– 1/2 sdt ragi instan
– 1/2 sdt soda kue
– 4 sdm susu bubuk
– 4-5 sdm gula pasir
– 300 ml air
– 2 butir telur
– 3 sdm mentega, lelehkan

Bahan pelengkap:

– Mentega untuk olesan
– Gula pasir untuk taburan
– Susu kental manis

Topping:
mesis, keju, dan kismis

Cara membuat martabak manis mini:

a. Campur bahan terigu, susu, gula, baking powder dan fermipan. Tuang air sambil diaduk hingga rata. Diamkan selama 45 menit.

b. Lelehkan mentega, biarkan dingin. Setelah adonan didiamkan 45 menit, tampak mengembang, kocok telur dengan wishk. Sementara itu, panaskan cetakan dengan api kecil.

c. Masukan kocokan telur ke dalam adonan, aduk rata. Tambahkan mentega cair, aduk hingga rata. Tambahkan soda kue, aduk rata lagi. Adonan siap dicetak.

d. Tuang adonan hingga 3/4 bagian cetakan. Tekan bagian tengah adonan menggunakan sendok sayur, ratakan hingga ke pinggir cetakan. Tunggu adonan berlubang, taburi gula pasir secukupnya, lalu tutup pan.

e. Jika pinggir kue sudah mengelupas dan seluruh permukaan kue tampak matang, angkat. Oles permukaan kue dengan margarin, tambahkan susu kental manis, lalu beri topping sesuai selera.

Popular:   Resep Bolu Karamel Takaran Gelas 4 Telur

2 dari 7 halaman

2. Cara Membuat Adonan Martabak Manis

Ilustrasi Adonan Martabak Manis

Ilustrasi Adonan Martabak Manis © Pinterest.com/Resepcaramemasak

Bahan:

– 250 gram tepung terigu
– 100 gram tepung berass
– 1/2 sdt soda kue
– 3 sdm gula
– 1/4 sdt garam
– 2 gelas belimbing air
– 1 telur

Cara membuat adonan martabak manis:

a. Campur semua bahan aduk searah jarum jam, lakukan hingga tepung dan semua bahan tercampur dan tidak ada tepung yang menggerindil.

b. Masak di atas cetakan dengan api sedang, tunggu hinga cetakan panas lalu masukan adonan. Masak hingga matang dan beri topping sesuai selera.

3 dari 7 halaman

3. Cara Membuat Martabak Manis Pakai Teflon

Ilustrasi Martabak Manis Teflon

Ilustrasi Martabak Manis Teflon © Pinterest.com/Waroeng

Bahan:

– 125 gram tepung terigu segitiga biru
– 200 ml susu cair
– 1 butir telur ukuran kecil
– 2 sdm gula castor
– 1/2 sdt garam
– Secukupnya vanili
– 1/2 sdt soda kue

Topping:

– Mentega/butter untuk olesan
– Susu kental manis
– Gula pasir
– Meises
– Keju parut

Cara membuat martabak manis tanpa teflon:

a. Campur semua bahan kecuali baking soda sampai rata, lalu tutup dengan serbet atau plastik wrap. Diamkan adonan selama 1 jam dalam suhu ruang.

b. Gunakan wajan teflon berdiameter 18-20 cm. Panaskan wajan sampai merata panasnya. Masukan baking soda dalam adonan aduk menggunakan whisk, cetak.

c. Gunakan api kecil saat mencetak martabak manis, tunggu hinga martabak bergelembung. Taburkan gula lalu biarkan hingga martabak matang lalu angkat.

d. Olesi dengan mentega, susu kental manis lalu taburi gula pasir, coklat meises dan parutan keju, siap dihidangkan.

4 dari 7 halaman

4. Cara Membuat Martabak Manis Bangka

Ilustrasi Martabak Manis Bangka

Ilustrasi Martabak Manis Bangka © Pinterest.com/Bangoe

Bahan A:

– 125 gram terigu serba guna
– 175 ml air
– 25 gram gula pasir
– 1/4 sdt baking powder
– 1/4 sdt garam
– 1/2 sdt ragi instant

Bahan B:

– 2 butir telur ayam
– 25 gram gula Pasir
– 1/8 sdt soda kue

Bahan topping martabak manis:

Secukupnya Gula pasir, Margarin/Mentega, Keju, Coklat, Kacang, Selai, Pisang dan Susu kental manis.

Cara membuat martabak manis Bangka:

a. Kocok semua bahan A, kecuali ragi hingga lembut. Masukkan ragi instant, aduk merata, tutup dan diamkan satu jam hingga adonan mengembang.

b. Pada tempat terpisah, kocok lepas semua bahan B menggunakan garpu. Kemudian campurkan ke adonan A, aduk rata, tutup dan diamkan 10 menit sampai adonan berlubang-lubang.

Popular:   Cara Membuat Sus Kering Tanpa Oven

c. Panaskan loyang martabak atau panci anti lengket, oles Tuang adonan sampai 1/2 atau 3/4 loyang, ratakan, tutup sampai 1/2 matang. Taburi gula pasir, tutup lagi, sampai permukaannya mengering dan bagian luar kecoklatan, angkat dan pindahkan ke tempat rata.

d. Belah 2 sama rata, olesi mentega selagi panas, taburi bahan isian sesuai selera, tuang susu kental manis. Martabak manis asli Bangka siap disajikan.

5 dari 7 halaman

5. Cara Membuat Martabak Manis Sederhana

Ilustrasi Martabak Manis Sederhana

Ilustrasi Martabak Manis Sederhana © Pinterest.com/Catatan-nina

Bahan:

– 10 sdm tepung segitiga biru
– 1/2 sdt ragi instan atau fermipan
– 4 sdm gula pasir
– 150 ml air
– 1 butir telur ayam
– Secukupnya garam

Topping:

– 1 bungkus susu kental manis coklat
– Secukupnya meises
– Secukupnya blueband

Cara membuat martabak manis sederhana:

a. Campur tepung, ragi, gula dan air di wadah bersih. Aduk dengan whisk sampai lembut. Tutup dengan kain bersih lalu tutup rapat dengan karet selama 40 menit.

b. Setelah 40 menit tambahkan telur dan garam pada adonan dan aduk seperlunya sampai telurnya bercampur rata. Kalau tidak nanti udara didalam adonanya hilang.

c. Tumpuk besi yang di atas kompor itu menjadi dua supaya adonan tidak mudah gosong. Panaskan teflon hingga benar-benar panas. Kalau teflonnya tidak anti lengket olesi blueband di atasnya tapi tipis saja.

d. Tuang adonan menggunakan sendok sayur dan langsung buat pinggirannya. Tunggu sampai muncul gelembung lalu tutup dan tunggu sekitar 10 menit.

e. Jika permukaan atasnya sudah kering dan pinggirannya sudah ada yang tidak menempel di teflon, matikan kompor dan oles blueband di atas martabaknya.

f. Pindah martabak ke piring saji/piring yang lebar, tabur meisis dan susu kental manis. Potong martabak dengan pisau yang bersih sesuka hati dan siap disajikan.

6 dari 7 halaman

6. Cara Membuat Martabak Manis Pondan

Ilustrasi Martabak Manis Pondan

Ilustrasi Martabak Manis Pondan © Pinterest.com/Dapur-eeyand

Bahan:

– 1 bungkus Pondan Premiks Martabak Manis
– 2 butir kuning telur
– 350 liter air putih
– 150 liter air putih
– 60 gram blueband, lelehkan

Topping:

Secukupnya Nutella, Meses, Keju Parut, Susu Kental Manis

Cara membuat martabak manis pondan:

a. Kocok Pondan premiks martabak, kuning telur, dan air 350 liter dengan hand mixer kecepatan sedang selama 10 menit. Tambahkan sisa air 150 liter, lalu aduk hingga merata. Diamkan selama 1 jam.

b. Timbang 300 liter adonan. Lalu tambahkan dengan 2 sdm atau 20 gram blueband yang sudah dilelehkan, aduk hingga merata.

c. Panaskan teflon dengan api sedang selama 5 menit. Tuang adonan ke dalam teflon. Panggang selama 7 menit hingga adonan bagian tengah berlubang. Taburkan gula pasir, tutup, dan kecilkan api. Tunggu hingga bagian atas adonan kering selama 3 menit.

Popular:   Cara Membuat Lontong Sayur Pepaya Muda

d. Lepaskan bagian pinggiran martabak terlebih dahulu, angkat dan pindahkan ke dalam piring/talenan. Oleskan blueband di bagian atas, oleskan nutella, taburkan sedikit meses, taburkan keju cheddar, dan terakhir tuangkan susu kental manis.

7 dari 7 halaman

7. Cara Membuat Martabak Manis 8 Rasa

Ilustrasi Martabak Manis 8 Rasa

Ilustrasi Martabak Manis 8 Rasa © Pinterest.com/doc24hour

Bahan:

– 1 kg tepung segitiga biru
– 6 butir telur ayam
– 150 gram gula
– 10 gram garam
– 27 gram susu bubuk dancow
– 50 gram mentega
– 5 gram fermipan
– 15 gram backing powder
– 1400 ml air

Cara membuat martabak manis 8 rasa:

a. Masukan semua bahan dalam satu wadah berupa tepung, telur, gula, garam, susu bubuk, fermipan, dan mentega yang sudah dicairkan. Aduk semua bahan menggunakan mixer selama 1-2 menit hingga rata.

b. Masukkan air perlahan dan aduk kembali dengan mixer selama 10-30 menit hingga adonan terasa lembut, terakhir masukkan backing powder aduk sebentar hingga rata,lalu langsung masukkan adonan kedalam sebuah wadah dan diamkan selama 1 jam.

c. Panaskan loyang yang berukuran jumbo 30 cm, dan siapkan adonan sebanyak 750 ml Lalu masukkan adonan tersebut dan ratakan dengan sedikit adanya sensasi pinggirannya yg renyah.

d. Taburi gula di atasnya setelah itu diamkan adonan hingga terlihat berlubang layaknya serang semut dan setelah itu baru tutup loyang, tunggu hingga matang selama 2-3 menit.

e. Oleskan dengan mentega hingga rata, lalu potong menggunakan pisau gulir, potong hingga menjadi 8 potongan layaknya seperti potongan pizza, setelah itu siapkan bahan untuk topping dengan bermacam rasa/selera, lalu setelah itu oleskan masing-masing potongan dengan aneka toping yang telah disiapkan.

Itulah beberapa resep mudah cara membuat martabak manis sendiri di rumah dengan mudah dan dengan bahan sederhana. Cocok banget menjadi menu camilan menikmati waktu di rumah dengan keluarga tercinta. Dijamin kamu pasti akan suka dan ketagihan dengan rasa manis serta tekstur lembutnya. Yuk, bergegas dan persiapkan bahan-bahan cara membuat martabak manis di bawah ini. Selamat berkreasi!

Baca juga yuk: 9 Cara Membuat Lumpia Basah Isi Sayuran Sederhana Khas Bandung, Semarang Dan Bogor

  • Cara Masakan
  • Makanan
  • Kuliner
  • Kuliner Hits
  • Resep
  • Ratu Organic
Daftarkan email anda untuk berlangganan berita terbaru kami

Terkait

Jangan Lewatkan


Resep Martabak Manis Teflon Tanpa Soda Kue

Source: https://www.diadona.id/food/7-resep-cara-membuat-martabak-manis-mini-pakai-teflon-sederhana-juga-tanpa-soda-kue-khas-bangka-2004.html