Skip to content

Cara Membuat Kue Simpel Dan Mudah

40 Resep Kue yang Praktis dan Ekonomis untuk Pemula

Penulis: Manggarayu | Editor: Ria

Sebagai pemula dalam membuat kue, biasanya banyak yang tidak percaya diri karena takut gagal. Kunci dalam proses pembuatan kue adalah ketelitian. Jika anda baru pertama kali membuat kue, ada beberapa resep kue yang simpel dan minim risiko, cocok dibuat oleh pemula.



1. Pancake Pisang

Pancake pisang fluffy

Kue yang satu ini identik dengan menu sarapan. Namun siapa sangka, pancake juga bisa dikreasikan untuk segala suasana.

Bahan-bahan utamanya sangat simpel, yakni terigu, gula pasir, mentega, susu cair, pisang , baking powder, dan telur. Terlebih lagi, anda tak perlu mengeluarkan oven atau panci dandang karena kue ini cukup dibuat dengan wajan datar (frying pan). Praktis,
kan?

Nah, pancake bisa sajikan dengan
topping
saus coklat, madu, hingga es krim.
Yummy!

Coba Resep
: Pancake Pisang

Baca juga:
5 Tips Membuat Pancake yang Mengembang Tebal dan Empuk




2. Crepes

crepes pisang keju coklat garing

Ingin kue bertekstur
kriuk
tapi tak perlu keluar oven? Crepes jawabannya! Dari sarapan hingga kudapan sore, kue yang juga dibuat dengan wajan ini memang sangat cocok untuk segala suasana.

Bahan utamanya tak jauh beda dari pancake, yaitu terigu, telur, gula, susu cair, margarin, dan baking powder. Kalau mau teksturnya lebih renyah, anda bisa tambahkan tepung beras dan tapioka. Tambahkan saus coklat, parutan keju,  es krim, atau bahan lainnya supaya lebih mantap!

Coba Resep
: Crepes Pisang Cokelat Keju




3. Donat

Donat jadul empuk

Siapa yang tidak suka donat? Kudapan sepanjang masa ini memang pas disajikan untuk teman
ngobrol
dan santai. Donat ini bisa mengembang cantik tanpa diulen selama kita punya ragi,
lho.

Untuk memasaknya juga tak perlu oven, karena donat juga bisa matang dengan digoreng. Setelah ditiriskan dan dingin, tambahkan aneka topping seperti parutan keju, meses, atau kacang.

Coba Resep
: Donat Jadul



4. Kue Kering

Kue kering pengolahannya lebih praktis, sebab tak butuh mengembang tinggi selayaknya
cake.

Umumnya, kue kering memakai bahan-bahan sederhana seperti telur, terigu, mentega/margarin, gula, dan bahan-bahan tambahan lain sesuai resep. Bahkan, ada pula kue kering yang tak perlu oven untuk matang,
lho.

Kue kering tradisional seperti telur gabus, kue garpu, dan kue tambang cukup digoreng dengan minyak panas hingga
kriuk. Tapi kalau anda
kekeuh
ingin memanggang dalam oven seperti saya, bisa coba kue-kue simpel seperti choco chip cookies, kastengel, atau kue kacang.

Baca juga:
6 Alasan Mengapa Kue Kering Tidak Renyah




5. Prol Tape

Suka dengan kue berbahan tape? Prol tape wajib dicoba! Kue asal Jember ini bertekstur padat, tapi rasanya manis dan legit. Bahan-bahannya juga mudah didapat, yakni tape, terigu, telur, susu bubuk, susu cair, margarin, dan gula-garam secukupnya.

Langkah pembuatannya juga tak muluk-muluk
nih, karena yang penting bahan-bahan tersebut tercampur rata dan kemudian dipanggang hingga matang. Sajikan sebagai teman minum teh atau kopi pastinya nikmat, ya?

Coba Resep
: Prol Tape



6. Muffin

muffin coklat manis

Suka dengan kue yang praktis dimakan kapanpun tanpa harus iris-iris? Coba saja buat muffin. Kue satu ini juga pakai bahan-bahan yang mudah didapat seperti terigu, baking powder, mentega/butter, gula, telur, susu, vanili bubuk, dan garam secukupnya.

Prinsip adonan muffin ini juga tak muluk-muluk seperti prol. Adonan cukup diaduk hingga rata dan tak ada tepung yang menggumpal, karena kalau terlalu bertenaga dan lama, tekstur kue akan bantat setelah matang. Simple,
kan?

Coba Resep: Muffin Cokelat




7. Brownies

brownies klasik

Siapa bilang bakers pemula tak bisa bikin brownies? Sebagai penggemar coklat, saya sudah membuktikannya sendiri! Brownies adalah kue bertekstur bantat yang super
nyoklat. Dalam arti lain, langkah pembuatannya tak sebanyak kue-kue yang butuh mengembang naik.

Siapkan bahan-bahan seperti coklat masak (DCC), gula, mentega/margarin, telur, terigu, dan coklat bubuk. Campurkan semuanya secara merata sesuai resep, lalu panggang atau kukus hingga matang,
deh!

Coba Resep
: Brownies Panggang Klasik



8. Bolu

bolu tape

Kalau sudah yakin bisa bikin kue yang
ngembang, awalilah dengan membuat bolu loyang. Pada dasarnya, bolu adalah jenis cake sederhana yang bisa dimodifikasi atau ditambahkan aneka rasa dan bahan. Selain itu, bahan dasar bolu sangatlah terjangkau yakni terigu, telur, mentega, gula pasir, dan
baking powder. Kurang lebih sama dengan bahan-bahan kue di atas,
kan?

Dulu, saya pertama kali buat bolu rasa vanila (dengan vanili bubuk). Setelah sukses mengembang, saya pun mulai memakai variasi rasa lain seperti bolu pandan, bolu pisang, bolu tape, hingga bolu koja yang klasik.

Coba Resep: Bolu Tape

9. Lapis Legit

kue lapis legit mantap

Anda tentu tidak asing dengan kue yang satu ini,
kan? Kue basah tradisional ini memang sudah populer sejak era kolonial. Tampilannya yang cantik berlapis dengan aroma harum menjadi ciri khas dari kue lapis legit.

Popular:   Cara Membuat Buket Snack Ulang Tahun

Bahkan selain lapis legit, berbagai aneka kue lapis khas tradisional lainnya juga tak kalah nikmat, lho! Misalnya saja kue lapis hunkwe, kue lapis surabaya, dan kue lapis beras dengan proses pembuatannya yang mudah dan praktis!

Coba Resep: Kue Lapis Legit

10. Kue Ogura Pandan

Kue ogura pandan wangi

Ingin menikmati kue dengan tekstur yang lembut dan ringan? Cobain deh kue ogura yang satu ini. Sekilas kue ini memang mirip dengan chiffon cake, namun ternyata ogura memiliki teknik pemasakan yang berbeda,
lho!

Dengan menggabungkan teknik kukus dan panggang, itulah mengapa ogura memiliki tekstur yang empuk dan
moist. Varian kue ogura lainnya juga bisa Anda coba di di rumah. Salah satunya resep kue ogura cake zebra, yang memiliki tampilan menarik dan tentunya tak kalah nikmat,
ya!

Coba Resep: Kue Ogura Pandan

11. Semprong

kue semprong imlek

Ngemil kue semprong bersama keluarga memang sangat nikmat,
ya!
Memiliki tekstur yang renyah, dengan perpaduan rasa manis dan gurih, membuat siapa pun yang menyantapnya pasti sulit berhenti.

Siapa sangka kalau cara membuatnya juga sangat mudah,
lho!  Intip resep di bawah ini, yuk!

Coba Resep: Resep Kue Semprong

12. Kue Cincin

kue cincin manis

Dari segi tampilan, kue ini sekilas mirip dengan donat, ya?
Eits,
jangan salah! Meskipun dari segi tampilannya mirip dengan donat, tetapi kue cincin memiliki rasa yang berbeda,
lho.

Terbuat dari bahan sederhana, kue cincin memiliki rasa yang gurih, manis, dan empuk dengan warna coklat gelapnya yang khas. Tak heran, jika kue ini banyak dijumpai sebagai jajanan pasar. Anda juga bisa membuat kue cincin sediri di rumah,
lho!

Coba Resep: Resep Kue Cincin

13. Kue Bagea Sagu

Kue bagae sulawesi

Kue kering yang satu ini juga termasuk jajanan pasar yang sering dijumpai. Memiliki tekstur yang keras, renyah, dan manis yang unik, membuat kue bagea digemari banyak orang. Untuk membuatnya sendiri tidak sulit,
lho!

Membuat kue kering memang bisa menjadi hiburan tersendiri. Apalagi Anda bisa sekaligus menciptakan kreasi baru yang menarik.
Nah, Anda juga bisa mengikuti resep-resep kue kering lainnya, seperti kue sagon, kue keciput, butter cookies, biji ketapang, lidah kucing, dan sagu keju.

Selain membuat kue kering di rumah, membuat aneka kue jajanan pasar, seperti kue gabin, pie susu, serta onde-onde ketawa juga cocok untuk menemani Anda bersantai . Cobain
yuk!

Coba Resep: Resep Kue Bagea Sagu

14. Kue Talam

kue talam pisang

Selain warnanya yang beragam, jajanan pasar yang satu ini juga memiliki banyak variasi lainnya,
lho. Mulai dari kue talam labu kuning, kue talam jagung, kue talam ebi, kue talam singkong, dan kue talam pandan.

Untuk resep kue talam kali ini, saya coba buat kue talam pisang. Rasanya yang manis dan legit, dijamin sangat menggugah selera!

Coba Resep: Kue Talam Pisang

15. Kue Mendut

kue mendut legit

Berbeda dari kue bugis, kue mendut dinikmati dengan guyuran kuah santan yang gurih dan
creamy. Salah satu makanan tradisional khas Jawa Tengah ini berbahan dasar tepung ketan putih, yang di dalamnya berisi parutan kelapa dan gula merah.

Teksturnya yang kenyal dan manis, berpadu dengan gurihnya kuah santan sangat memanjakan lidah Anda.
Yummy!

Coba Resep: Resep Kue Mendut

16. Kue Akar Kelapa

kue akar kelapa renyah

Kue jadul yang satu ini bisa menjadi referensi hindangan saat Lebaran. Untuk membuat bentuknya agar sesuai dengan akar kelapa juga tidak sulit. Anda hanya membutuhkan cetakan kue khusus yang sangat mudah didapatkan di pasaran dengan harga yang sangat terjangkau.

Coba buat sendiri di rumah yuk dengan resep di bawah ini!

Coba Resep: Resep Kue Akar Kelapa

17. Kue Sakura

Kue sakura bolu moist

Meskipun tergolong makanan jadul, namun kue sakura masih banyak peminatnya
lho!

Untuk membuatnya, Anda perlu menyiapkan cetakan khusus berbentuk bunga sakura. Selebihnya, kue imut nan cantik ini sangat mudah dibuat dengan bahan-bahan yang cukup simpel.
Yuk, intip resepnya di bawah ini.

Coba Resep: Resep Kue Sakura (Bolu)

18. Kue Lumpur

Teksturnya yang lembut, dengan rasa manis gurih, membuat kue lumpur menjadi favorit banyak orang, termasuk saya. Meski kue tradisional ini mudah sekali dijumpai sebagai jajanan pasar, tidak ada salahnya Anda buat sendiri di rumah.

Kali ini saya buat kue lumpur dengan variasi bahan dari labu kuning. Aromanya yang harum legit dan tekstur yang lembut, tak kalah nikmat dengan kue lumpur kentang.

Anda juga bisa
lho
membuat variasi kue lumpur lainnya yaitu kue lumpur surga. Kue lumpur yang satu ini terbuat dari campuran tepung beras, gula, dan santan menghasilkan tekstur yang lembut dengan rasa manis gurih. Tertarik untuk coba membuatnya?

Popular:   Resep Bolu Pandan Santan 4 Telur

Coba Resep: Resep Kue Lumpur Labu Kuning

19. Kue Cucur

kue cucur gula manis

Ingin membuat ke cucur sendiri, tapi takut gagal?
Yuk, lihat resep kue cucur di bawah ini! Ikuti tips-tipsnya juga ya agar pinggiran kue cucur bisa bersarang dan bertopi.

Coba Resep: Resep Kue Cucur Gula Merah

20. Kue Pukis

resep pukis coklat

Anda tentu sudah tidak asing ya dengan kue yang satu ini. Yup! Kue pukis atau juga disebut dengan kue pancong memang sedang ngehits di kalangan anak muda.

Bahkan kini kue pancong disajikan dengan beragam rasa dan variasi topping kekinian yang membuatnya semakin menggugah selera. Untuk membuatnya sebenarnya sangat mudah,
lho.

Anda hanya perlu menyiapkan cetakan kue khusus, dengan bahan-bahan yang terbilang mudah dan cepat dalam pengolahannya. Cobain
yuk!

Coba Resep: Resep Kue Pukis Coklat (Pancong)

21. Kue Pancong

resep kue pancong

Ada yang masih ingat dengan kue ini? Jajanan tradisional ini memiliki nama yang beragam di setiap daerah,
lho. Di Jakarta sendiri kue ini dinamai kue pancong Betawi, sedangkan orang Surabaya menyebutnya kue rangin, dan orang Bandung menyebutnya bandros.

Meskipun memiliki beragam sebutan, kue ini terbuat dari bahan-bahan yang sama yaitu campuran tepung terigu, gula pasir, santan, dan kelapa parut. Cara memasaknya pun dipanggang di cetakan khusus di atas tungku kecil.

Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah,
lho!

Coba Resep: Resep Kue Pancong Betawi

22. Kue Cucuru Bayao

cucuru bayao manis

Kue ini biasanya dihidangkan saat acara-acara adat atau kawinan di Makassar. Istimewanya dari kue cucuru bayao yaitu hanya menggunakan 2 bahan saja,
lho!
Penasaran seperti apa rasanya? Coba buat sendiri di rumah,
yuk!

Coba Resep: Resep Kue Cucuru Bayao

23. Kue Ku

kue ku lezat

Siapa yang tak kenal dengan kue yang satu ini? Teksturnya yang empuk dan lembut membuat kue ini digemari banyak orang. Dengan isian kacang hijau yang berkulit dari bahan dasar tepung ketan, kue ku seringkali dibuat dengan berbagai bentuk yang lucu.

Anda juga bisa
lho
memodifikasi bentuk dan warna kuenya. Ikuti tips pembuatan kue ku dengan resep di bawah ini,
ya!

Coba Resep: Resep Kue Ku

24. Kue Ketan Hitam Kukus

kue ketan hitam

Selain bisa menambah keahlian Anda, membuat kue sendiri juga lebih murah dibandingkan dengan membeli. Jika Anda masih pemula, resep kue yang satu ini mungkin bisa Anda coba.

Sesuai dengan namanya, kue ketan hitam kukus ini terbuat dari tepung ketan hitam. Cara pembuatannya juga sangat mudah dan praktis. Anda juga tak perlu repot mengeluarkan oven.

Namun, jika Anda ingin membuat kue ketan hitam dengan versi yang dipanggang, Anda juga bisa
lho
mengikuti resep bolu ketan hitam ini.

Coba Resep: Resep Kue Ketan Hitam Kukus

25. Wajik Ketan

wajik ketan praktis

Jika Anda penggemar makanan berbahan dasar ketan, kue yang satu ini bisa menjadi pilihan. Di daerah Jawa Tengah, kue ini lebih dikenal dengan sebutan wajik. Rasanya yang manis dengan tekstur kenyal, sangat cocok disajikan bersama teh atau kopi.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba kreasi berbahan dasar ketan putih lainnya. Lupis salah satunya. Berbeda dengan wajik, lupis dibuat dengan cara dikukus dalam bungkusan daun pisang kemudian dibalur dengan parutan kelapa dan disajikan dengan saus gula jawa kental.

Coba Resep: Resep Wajik Ketan

Baca juga: 9 Resep Jajanan Tradisional & Modern dari Beras Ketan

26. Kue Cubit

Resep kue super simpel lainnya yang bisa Anda coba adalah kue cubit. Bahan-bahannya sangat umum dan murah seperti terigu, telur, dan gula.

Dulu, saya pertama kali buat kue cubit orginal, seperti yang sering sekali dijajakan di depan sekolah atau pinggir jalan. Namun, kini saya telah mengembangkan kreasi kue cubit lainnya, seperti yang sedang hits saat ini yaitu kue cubit green tea.

Coba Resep: Resep Kue Cubit

27. Kue Rangi

kue rangi manis

Anda tentu tahu jajanan tradisional yang satu ini, kan? Sayangnya, penjual kue rangi kini susah ditemukan. Namun, dengan resep ini Anda tak perlu khawatir karena Anda bisa membuat ku rangi sendiri di rumah. Cobain yuk!

Coba Resep: Resep Kue Rangi

28. Kue Leker

Kue leker renyah

Bagi Anda yang dulu sering jajan saat masih di sekolah, tentu memiliki jajanan atau camilan favorit yang ditunggu saat jam istirahat. Bisa ditebak, salah satunya adalah kue leker kan? Kini Anda bisa membuatnya sendiri dengan resep di bawah ini,
lho.

Coba Resep: Resep Kue Leker

29. Kue Mochi

kue mochi kenyal

Ingin coba membuat mochi sendiri di rumah? Resep mochi ini sangat mudah dengan isian kacang tanah yang bisa Anda coba di rumah. Bukan cuma rasanya yang enak, tapi tampilannya juga cantik dan warna-warni. Ikuti cara membuatnya,
ya!

Coba Resep: Resep Kue Mochi

Popular:   Cara Bikin Wajik Ketan Kelapa Parut

30. Kue Garpu

Ingin membuat camilan renyah asin-gurih yang praktis dan mudah? Kue garpu bisa jadi pilihan. Bentuknya bergerigi, dengan rasa gurih yang nggak bikin eneg bisa Anda buat sendiri di rumah.

Coba buat juga camilan gurih lainnya,
yuk!
Misalnya saja kue tusuk gigi yang saya buat dengan bahan-bahan yang mudah di dapat. Rasanya pun tak kalah nikmat dengan yang di jual di toko snack kiloan.

Coba Resep: Resep Kue Garpu

31. Kue Odading

odading wijen empuk

Kue yang satu ini biasa dijual bersama cakwe. Namanya yaitu kue odading.

Kue goreng khas Bandung ini terbuat dari bahan-bahan sederhana, seperti terigu, telur, gula pasir, ragi, dan air hangat. Kue ini juga bertabur biji wijen putih yang membuatnya semakin nikmat untuk disantap bersama keluarga.

Coba Resep: Resep Odading

Baca juga :
Tips Membuat Odading Empuk dan Mengembang

32. Dessert Box Coklat

dessert box coklat manis

Dessert box coklat yang saya buat kali ini begitu mudah dibuat dan nikmat.
Nah, dengan resep dessert box berikut ini Anda juga bisa membuat sendiri agar lebih hemat dan hasil yang lebih banyak. Ikuti resepnya di bawah ini,
ya!

Jika Anda ingin mencoba kreasi lainnya, Anda juga bisa membuat dessert box yang populer belakangan ini yaitu dessert oreo box.

Coba Resep: Resep Dessert Box Coklat

33. Kue Khamir

Kue khamir lembut

Kue ini terkenal dengan bentuknya yang bundar, pipih berwarna coklat mirip seperti kue apem. Kue khamir terbuat dari adonan terigu, margarin, tape, telur, ragi, gula dan susu. Cara membuatnya juga sangat mudah,
lho!

Coba Resep: Resep Kue Khamir

34. Kue Dorayaki

dorayaki isi coklat

Anda tentu kenal ya dengan kue tradisional khas Jepang ini.
Yup!
Dorayaki yang lebih dikenal sebagai makanan favorit Doraemon ini terbuat dari dua buah pancake yang ditelungkupkan dan dilapisi oleh selai kacang merah di bagian tengahnya.

Namun, Anda tidak harus membelinya di luar untuk mencicipinya. Anda bisa coba buat dorayaki sendiri di rumah. Cara pembuatan dorayaki juga tidaklah sulit dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan.

Coba Resep: Resep Dorayaki Isi Coklat

35. Sawut Singkong

Coba buat sawut singkong,
yuk!
Sawut singkong ini hanya menggunakan 3 macam bahan dengan melalui proses pengukusan yang sebentar saja. Camilan sederhana namun nikmat ini dijamin bikin perut Anda kenyang dan murah meriah.

Anda juga bisa lho membuat sendiri kudapan berbahan dasar singkong khas Thailand. Yuk lihat resep membuat singkong Thailand.

Coba Resep: Resep Sawut Singkong Gunung

36. Lemet singkong

Lemet singkong legit

Tiap daerah memiliki penyebutan yang berbeda untuk kue yang satu ini. Ada yang menyebutnya utri singkong, timus, hingga ada yang menamakannya lemet singkong. Namun apapun namanya, si kenyal nan manis berbahan singkong ini tak perlu diragukan lagi rasanya.

Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang murah dan mudah didapat. Ikuti resepnya di bawah ini,
ya!

Coba Resep: Resep Lemet Singkong

37. Onde-Onde Isi Kacang Hijau

Membuat onde-onde isi kacang hijau ini memang tergolong mudah. Namun, Anda harus memperhatikan cara menggorengnya agar tidak pecah dan hancur. Ikuti tipsnya dengan resep di bawah ini,
yuk!

Coba Resep: Resep Onde-Onde Isi Kacang Hijau

38. Kue Tiramisu

Siapa sangka kue ala bakery hingga resto ini ternyata sangat simpel, mudah dibuat, dan hampir tidak butuh alat pemanggang. Kue rasa tiramisu ini sangat cocok untuk Anda yang sedang ngidam makanan manis.
Yummy!

Coba Resep: Resep Tiramisu

39. Cheese Cake Kukus

cheese cake kukus

Jika Anda ingin membuat cheese cake, namun tidak memiliki oven, Anda bisa mencoba resep yang satu ini.
Yup!
Sesuai dengan namanya, cheese cake kali ini dibuat dengan cara diukus. Rasanya dijamin tidak kalah enak dengan yang dipanggang.

Coba Resep: Resep Cheese Cake Kukus (Tanpa Oven)

40. Ongol-Ongol

Ongol ongol manis murah

Satu lagi resep kue tradisional yang simpel dan ekonomis yang bisa Anda coba buat di rumah. Ongol-ongol merupakan salah satu kue tradisional khas daerah Jawa Barat.

Kue ini memiliki banyak sekali varian, karena dapat dibuat dari beberapa bahan dasar yang berbeda, seperti tepung sagu, hunkwe, atau singkong. Bahan dasar inilah yang membuat teksturnya menjadi sangat kenyal. Coba buat,
yuk!

Coba Resep: Resep Ongol Ongol

Baca juga :
Aneka Kue Tradisional Dari Singkong



Atsarina Luthfiyyah (Senior Editor)

Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Hobi menulis, traveling dan memasak. S2 Universitas Gadjah Mada Ilmu Komunikasi
Hubungi Kami di [email protected]

Cara Membuat Kue Simpel Dan Mudah

Source: https://resepkoki.id/40-resep-kue-roti-praktis-ekonomis-pemula/