Skip to content

Bahan Dan Cara Membuat Bika Ambon Khas Medan

Olahan bika ambon yang manis, gurih, dan legit bisa banget kamu jadikan santapan nikmat disore hari. Kuy, buat sendiri di rumah!

Apakah kamu termasuk pencinta kuliner manis? Jika demikian, maka kamu wajib banget mencoba olahan bika ambon yang manis ini. Cara membuat bika ambon sangatlah mudah, kamu tentunya bisa membuat olahan bika ambon di rumah dengan simple karena menggunakan bahan dan alat yang sederhana. Dijamin deh, bakal berhasil dan anti gagal.

Kini, kamu ngak perlu lagi tuh khawatir untuk menghidangkan menu camilan keluarga. Kamu bisa banget menikmati olahan bika ambon ini dengan ditemani oleh seduahan teh atau kopi. Wah, terbayangkan bagaimana hangatnya suasana sore di akhir pekanmu di rumah?

Yap, tentu saja nggak boleh terlewatkan hidangan bika ambon ini buat disajikan di meja ruang santai. Yuk, daripada penasaran langsung saja simak resep cara membuat bika ambon yang telah Diadona ulas di bawah ini. Selamat mencoba!


1 dari 7 halaman

1. Cara Membuat Bika Ambon Sederhana

Ilustrasi Bika Ambon Sederhana

Ilustrasi Bika Ambon Sederhana © Indoindians.com

Olahan bika ambon sederhana ini memang cocok banget kamu sajikan untuk keluarga tercinta di rumah. Langsung saja simak resep mudah cara membuat bika ambon simple anti ribet di bawah ini.

Bahan:

– 100 gram tepung sagu
– 50 gram terigu protein sedang
– 7-10 sdm gula pasir
– 1 sdm margarine, lelehkan
– 2 butir telur, kocok lepas
– Garam secukupnya

– 200 ml santan agak kental
– 1 batang sereh
– 8 lembar daun jeruk
– 2 lembar pandan
– 1/2 sdt kunyit bubuk

Bahan biang:

– 1 sdt ragi instant
– 1 sdt gula pasir
– 50 ml air hangat

Cara membuat bika ambon sederhana:

  1. Persiapkan semua bahan, buat terlebih dahulu biang, lalu diamkan selama 10 menit hingga mengembang. Rebus santan bersama daun pandan, daun jeruk, dan sereh menggunakan api kecil hingga mendidih. Matikan api, tutup panci dan diamkan hingga dingin.
  2. Kocok lepas telur kemudian masukkan secara beruturut-turut margarin cair, gula, tepung terigu dan tepung sagu. Aduk rata bahan sambil ditepuk menggunakan spatula hingga adonan halus dan tidak ada gumplaan. Terakhir masukkan bahan santan.
  3. Diamkan adonan selama 1 jam, tutup adonana dengan kain bersih. Olesi cetakan menggunakan margarin. Tuang adonan saat cetaan sudah panas. Gunakan api kecil saat memaksaknya. Tutup cetakan ketika adopnan sudah berlubang-lubang. Angkat kue dan siap dihidngkan.

2 dari 7 halaman

2. Cara Membuat Kue Bika Ambon

Ilustrasi Kue Bika Ambon

Ilustrasi Kue Bika Ambon © Asianinspirations.com.au

Kue bika ambon dengan rasa manis legit yang menggoda memang cocokm kamu nikmati bareng keluarg adi rumah. Nggak perlu repot beli di toko roti, kamu  bisa kok membuatnya sendiri. Simak resep cara membuat bika ambon kue manis berikut ini.
Bahan:

– 100 gram tepung kanji
– 50 gram tepung terigu
– 100 gram gula pasir
– 1/4 sdt garam
– 1 sdm margarin, cairkan
– 2 butir telur, kocok lepas
– 200 cc santan, kara 65 ml ditambah air, rebus dengan serai, daun jeruk dan pandan
(beri pewarna kuning 2tetes/bubuk kunyit)

Bahan biang:

– 50 ml air hangat
– 1 sdt gula pasir
– 1 sdt ragi instant

Cara membuat bika ambon untuk kue:

  1. Campurkan bahan biang dan diamkan kurang lebih selama 15 menit. Campurkan bahan tepung kanji, terigu, gula pasir, dan garam. Masukkan pula bahan biang dan santan. Aduk bahan hingga gula larut dan adonan licin.
  2. Masukkan telur dan sisa santan. Aduk rata bahan lalu masukkan margarin yang telah dicairkan, aduk rata kembali dan diamkan adonan selama satu jam.
  3. Panaskan cetakan dan tuang adonan 3/4 tinggi cetakan. Gunakan api kecil saat memasaknya. Sebelum adonan dituangkan dalam cetakan, aduk dulu adonan. Jika adonan atas mulai mengering, maka tutup cetakan sebentar hingga matang. Bika ambon siap dihidangkan.
Popular:   Cara Memasak Ikan Gabus Untuk Obat

3 dari 7 halaman

3. Cara Membuat Bika Ambon Kukus

Ilustrasi Bika Ambon Kukus

Ilustrasi Bika Ambon Kukus © Helen1960.blogspot.com

Ada beberapa cara buat memasak bika ambon yang super praktis ini. Salah satunya adalah diolah dengan cara dikukus. Yap, hanya dengan kukusan sederhana di rumah kamu sudah bisa membuat bika ambol super nikmat dan lembut ini. Simak resep cara membuat bika mabon kukus berikut ini.

Bahan:

– 50 gram tepung terigu
– 100 gram tepung kanji/sagu
– 5 sdm maizena
– 4 butir telur
– 1 santan kara
– 1 bungkus susu dancow
– 2 batang sereh
– 5 lembar dun jeruk
– 1 lembar pandan simpul
– Garam secukupnya
– 10 sdm gula pasir
– 2 bungkus kecil blueband
– 1 sdm fermipan
– 1 sdt kunyit bubuk
– Minyak untuk olesan loyang

Cara membuat bika ambon kukus:

  1. Larutkan santan kara dan susu dancow dengan 200 cc aur. Tambahkan sereh, daun pandan, dan daun jeruk. Rebus semua bahan tersebut hingga mendidih. Buat biang dengan larutkan 1 sdm fermipan dengan air hangat, beri 1 sdm gula dan diamkan selama 15 menit.
  2. Mixer telur dan gula dalam kecepatan tinggi selama 15 menit. Masukkan tepung tapioka, gatram, bubuk kunyit dnaterigu. Mixer hingga rata. Tamabahkan santan dan asuk merata menggunbakan pengaduk.
  3. Msukkan pula bahan biang dan aduk lagi hingga rata. Masukkan margarin cair, lalu tutup adonan dengan menggunakan serbet dan diamkan 3 jam. Setelah 3 jam, aduk adonan sebentar dan tutup kembali lalu diamkan selama 1 jam.
  4. Siapkan loyang dan beri minyak, kukus adonan selama 5 menit. Masukkan adonan ke dalam loyang sambil disaring. Kukus dalam keadaan kukusan terbuka selama 50 menit, kemudoan tutup dan lanjutkan selama 30 menit. Tutup kukusan harus dilapiis dengan serbet bersih. Setelah matang olesi bagian atasnya dengan blueband dan siap untuk disajikan.

4 dari 7 halaman

4. Cara Membuat Bika Ambon Panggang

Ilustrasi Bika Ambon Panggang

Ilustrasi Bika Ambon Panggang © Norikoreza.com

Selain diolah dengan cara dikukus, kamu juga bisa membuat bika ambon super enak dan nendang abis dengan cara dipanggang. Yap, kamu tentunya bisa memanggang bika ambon dalam pasir panas di atas wajan. Nah, penasaran dong, gimana sih cara membuat bika ambon varian ini? Simak saja langsung resep cara membuat bika ambon panggang super nagih berikut ini.

Bahan:

– 100 gram tepung tapioka
– 50 gram tepung terigu
– 2 butir telur
– 100 gram gula pasir
– 1 sdm margarin cair
– 300 ml santan
– 1 sdt ragi
– 1 batang sereh
– 5 daun jeruk
– Sejumput garam
– Topping: keju parut

Cara membuat bika ambon panggang:

  1. Rebus bahan santan, sereh, daun jeruk, dan garam hingga mendidih dan jangan sampai pecah. Campurkan bahan tepung tapioka, terigu, gula, dan ragi. Tambahkan kocokan telur kemudian santan sedikit demi sedikit, aduk menggunakan wisk hingga licin lalu tuang margarin cair. Saring adonan sebelum didiamkan minimal 2 jam.
  2. Setelah 2 jam, aduk adonan sebentar dengan wisk. Panaskan loyang yang sudah diolesi margarin. Gunakan wajan yang diberi pasir dan sudah dipanaskan terlebih dahulu baru kasih loyang. Gunakan api sedang cenderung kecil.
  3. Jangan tutup adonan sebelum gelembung udara hilang. Tutup dengan sedikit diganjal, boleh gunakan topping keju sebelum benar-benar matang.
Popular:   Resep Brownies Kukus Ny Liem 5 Telur

5 dari 7 halaman

5. Cara Membuat Bika Ambon Medan

Ilustrasi Bika Ambon Medan

Ilustrasi Bika Ambon Medan © Bukalapak.com

Bika ambon Medan super dengan khas warna kekuningan yang manis lembut, legit dan kenyal ini bisa banget kamu buat sendiri di rumah. Praktis, tanpa perlu mengeluarkan isi dompet, cocok banget untuk kamu yang ingin camilan nikmat dengan budget yang minim. Yuk, buat bika ambon sendirir di rumah dengan melihat resep cara membuat bika ambon Medan di bawah ini.

Bahan:

– 4 butir telur
– 2 bungkus sunkara kecil
– 1 gelas air
– 10 lembar daun jeruk
– 3 batang sereh
– 2 lembar daun pandan
– 50 gram mentega
– 125 gram gula
– 100 gram tapioka
– 100 gram terigu
– 1/2 sendok bubuk kunyit

Adonan biang:

– 1 sdm ragi
– 1 sdm gula
– 1/4 gelas air hangat

Cara membuat bika ambon Medan:

  1. Buat adonan biang dengan mencampurkan ragi, air dan gula. Aduk dan diamkan hingga mengembang. Rebus santan dan masukkan daun jeruk, daun pandan, dan sereh. Setelah mendidih lalu diamkan hingga dingin suhu runagan.
  2. Kocok telur dan gula, tidak perlu menggunakan mixer cukup sampai gula larut. Masukkan terigu dan tapioka ke dalam adonan telur. Aduk rata dan masukkan santan. Aduk lagi dan masukkan adonan biang. Terakhir masukkan mentega cair dan bubuk kunyit. Aduk rata dan tutup dengan serbet.
  3. Setelah 30 menit, tuang ke dalam cetakan segi empat yang sudah diberi kertas roti dan diolesi dengan mentega. Oven sekitar 25-30 menit. Setelah adonan terlihat pecah, matikan kompor dan potong setelah dingin.

6 dari 7 halaman

6. Cara Membuat Bika Ambon Mini

Ilustrasi Bika Ambon Mini

Ilustrasi Bika Ambon Mini © Pinterest.com/Instagram/@cakedankue

Kamu tentunya juga bisa membuat bika ambon mini dengan cetakan simple di rumah. Tanpa menggunkaan loyang dan nggak perlu dipotong-potong. Kamu bisa banget langsung memakannya setelah bika matang dari cetakan. Eits, tunggu dingin dulu,yak. Langsung saja deh simak resep cara membuat bika ambon mini berikut ini.

Bahan:

Bahan A:

– 350 ml santan
– 6 lembar daun jeruk
– 2 batang serei
– 1/2 sdt kunyit bubuk

Bahan B:

– 70 gram tepung terigu
– 150 gram tepung tapioka
– 1 sdt fermifam

Bahan C:

– 3 butir telur
– 180 gram gula pasir
– 1 bungkus susu kental manis putih

Bahan D:

– 60 gram margarin, cairkan

Cara membuat bika ambon mini:

  1. Campurkan semua bahan A dan masak hingga mendidih menggunakan api kecil. Saring kemudian biarkan dingin suhu ruangan. Campurkan bahan B kemudian ayak dan campur dengan fermifan.
  2. Campurkan bahan C hingga gula larut. Campurkan bahan A dan B yang sudah dingin, aduk dengan wisk sampai tidak ada yang bergerindil dan lembut, diamkan 15 menit.
  3. Masukkan bahan C dan aduk rata. Masukkan bahan D, aduk rata dan diamkan selama kurang lebih 1 jam. Oles tipis cetakan menggunakan margarin.
  4. Tuang adonan 3/4 penuh cetakan. Tunggu hingga muncul pori-pori, lalu tutup cetakan. Panggang hinggan matang, apabila sudah matang, tapi atas masih basah bisa dibalik. Angkat dan siap disajikan.
Popular:   Cara Membuat Donat Tepung Terigu Seperempat

7 dari 7 halaman

7. Cara Membuat Bika Ambon Pandan

Ilustrasi Bika Ambon Pandan

Ilustrasi Bika Ambon Pandan © Pinterest.com/rina-dapurmanis

Bika ambon pandan yang super lezat dengan warna hijau yang diambil dari pasta pandan ini juga bisa banget menjadi menu camilan. Yap, bika ambon pandan yang enak dan nagih ini merupakan varian lain dari bika ambon agar nggak itu-itu melulu. Penasarankan bagaimana sih cara membuat bika ambon pandan? Simak resep selengkapnya di bawah ini.

Bahan:

– 100 gram tepung tapioka
– 50 gram tepung terigu
– 100 gram gula pasir
– 2 butir telur, kocok lepas
– 1 sdm margarin, lelehkan
– 200 ml santan, kekentalan sedang
– 4 lembar daun jeruk
– 1 batang sereh, geprek
– 1 lembar daun pandan, simpulkan
– Secukupnya pasta pandan, sari pandan
– Secukupnya vanilli

Bahan biang:

– 1 sdt ragi instan
– 1 sdt gula pasir
– 50 ml air hangat

Cara membuat bika ambon pandan:

  1. Campurkan semua bahan biang dalam wadah, kemudian diamkan selama 10 menit hingga berbuih, sisihkan. Di dalam wadah lain, didihkan bahan santan, sereh, daun pandan, dan daun jeruk. Diamkan bahan hingga uap panas hilang, kemudian saring.
  2. Campurkan bahan tepung sagu, tepung terigu dan gula pasir. Tuangkan santan sedikit demi sedikit sambil diaduk agar tidak bergerindil. Tambahkan bahan biang dan aduk rata. Masukkan telur dan margarin, aduk lagi bahan hingga bertekstur licin.
  3. Tambahkan pasta pandan dalam adonan dan aduk rata. Tutup wadah adonan dengan kain bersih dan diamkan selama 45 menit. Setelah itu, aduk lagi adonan lalu akan muncul buih-buih.
  4. Panaskan teflon atau double pan selama 10 menit. Olesi loyang dengan margarin dan taburi sedikit tepung terigu. Tuang adonan dalam loyang dan panggang dengan api kecil selama 45 menit atau sesuai dengan oven masing-masing. Selama 45 menit pertama buka tutup double pan atau teflon, setelah itu tutup teflon atau double pan selama 5-10 menit.
  5. Matikan api dan keluarkan adonan yang matang dari loyang. Biarkan dingin suhu ruangan dan siap untuk dipotong sesuai selera. Hidangkan bika ambon pandan di atas piring saji.

Itulah beberapa resep cara membuat bika ambon yang mudah, simple dan tentunya anti gagal yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Nggak perlu lagi nih kamu membeli dengan harga mahal di toko roti hanya untuk emnikmati bika ambon. Cukup buat sendiri di rumah dengan bahan sederhana dan kamu akan mendapatkan bika ambon lezat yang tentunya dengan porsi yang lebih banyak. Bagaimana, tertarik membuatnya?

Baca juga yuk:
10 Cara membuat Kue Basah Kukus, Aneka Sus, Pia, Lapis, Pastel yang Praktis dan Mudah

  • Cara Masakan
  • Makanan
  • Kuliner
  • Kuliner Nusantara
  • Ratu Organic
Daftarkan email anda untuk berlangganan berita terbaru kami

Terkait

Jangan Lewatkan


Bahan Dan Cara Membuat Bika Ambon Khas Medan

Source: https://www.diadona.id/food/7-resep-cara-membuat-bika-ambon-kue-mini-kukus-dan-panggang-sederhana-khas-medan-200306z.html