Skip to content

Resep Rainbow Cake Kukus 4 Telur

Resep Masakan

Resep Brownies Kukus Amanda Lembut 4 Telur

Beberapa hari lalu aku nyobain bikin
brownies
kukus gara-gara saat
beberes
bahan-bahan kue, baru nyadar kalau punya stok DCC 2 buah. Mau dibikin apa ya ini DCC? Udah kepikiran aja bikin
brownies
dan nemu tuh resep
brownies
kukus Amanda menggunakan 4 telur di
youtube
Asahid Tehyung. Langsung deh eksekusi!

bahan brownies kukus Amanda

Resep Brownies Kukus Amanda Lembut 4 Telur

Ukuran Loyang 18 x 18 cm

Bahan:

120 gr mentega

75 gr
Dark Cooking Chocolate (DCC)

80 gr tepung terigu serbaguna (tepung terigu protein sedang)

1 sdt
baking powder

35 gr cokelat bubuk

4 butir telur, kocok lepas

150 gr gula pasir

1 sdt vanila bubuk

1 sdm pengemulsi (sp)

50 ml kental manis cokelat + sedikit pasta cokelat

Cara membuat:

  1. Masukkan DCC dan mentega dalam panci, lelehkan. Sisihkan dan dinginkan.
  2. Bahan kering: Campurkan tepung terigu, cokelat bubuk dan
    baking powder.
    Aduk rata.
  3. Dalam wadah lain, campurkan telur, gula dan vanila bubuk menggunakan
    mixer
    selama 10 menit. Kemudian tambahkan pengemulsi (SP). Kocok hingga menjadi putih dan kental.
  4. Tambahkan campuran bahan kering secara bertahap ke dalam adonan telur. Aduk balik menggunakan spatula.
  5. Terakhir, tambahkan mentega dan DCC yang sudah dilelehkan tadi. Aduk balik menggunakan spatula.
  6. Tuang separuh adonan ke dalam loyang yang sudah diolesi mentega dan ditaburi cokelat bubuk. Kukus selama 10 menit.
    Note*: Panaskan dulu kukusan, alasi tutupnya dengan serbet agar uap air gak kena ke adonan saat mengukus.
  7. Untuk lapisan cokelatnya: Ambil 3-4 sdm sisa adonan. Campur dengan kental manis cokelat dan pasta cokelat.
  8. Tuang adonan lapisan cokelat ke atas adonan kukusan pertama. Kukus lagi selama 10 menit.
  9. Setelah lapisan kedua terbentuk, tuangkan sisa adonan di atasnya dan kukus selama 25 menit. Jadi total waktu pengukusan adalah 45 menit.
  10. Setelah
    brownies
    matang, dinginkan dan potong-potong
    brownies. Sajikan.
Popular:   Resep Bolu Tape Panggang 4 Telur

Baca juga: Resep Brownies Pisang Super Moist

Udah mulai nimbang-nimbang bahan, eeh ternyata stok mentega di rumah tinggal 80 gram, gak cukup bikin 1 resep ini
hiks, akhirnya bikin setengah resep aja lah, pakai loyang
brownies
kecil.

Loyangnya aku alasi kertas roti kiri kanan seperti itu kok malah ribet ya, waktu dikukus tuh melengkung menutupi adonannya terus, padahal udah kuoles mentega. Akhirnya saat mau mengukus adonan terakhir, aku gunting tuh pinggir-pinggir kertas rotinya hahaha.  Kapan-kapan kalo bikin
brownies
lagi, mending oles mentega + cokelat bubuk aja 😀

brownies kukus amanda

Yeah, jadi juga
brownies
kukusnya! Ini motret asal aja deh, sudah ada yang gak sabar nungguin, pengin segera nyicipin
browniesnya hihi.

brownies kukus amanda lembut

Browniesnya lembut, rasanya enak! Apakah rasanya mirip dengan
brownies
kukus Amanda asli? Nah, aku udah lama sih gak beli
brownies
kukus Amanda, udah 2 th an kalo gak salah, jadi udah agak-agak lupa rasa aslinya gimana 😀

Kalo dari komen-komen di
youtube
yang udah praktek resep ini, katanya sih mirip.  Mirip atau enggak, buatku yang penting rasanya enak! Karena kalo pengin mendekati mirip dengan aslinya sepertinya harus tau kan merek tiap bahan yang digunakan (mentega pakai merek apa, cokelat bubuk pakai merek apa dll).

resep brownies kukus amanda lembut 4 telur

Teman-teman lebih suka
brownies
kukus atau
brownies
panggang? Aku lebih suka
brownies
kukus seperti ini karena biasanya lebih lembut, cuma memang
brownies
panggang lebih tahan lama ya dibandingkan
brownies
kukus.

Yuk, yang penasaran dengan rasanya, langsung praktekin resep
brownies
kukus Amanda lembut 4 telur ini! Kalo sudah praktek,
sharing
ya, rasanya mirip gak sih dengan rasa
brownies
kukus Amanda aslinya 😀

Popular:   Resep Kue Apem Tepung Beras Rose Brand


Resep Rainbow Cake Kukus 4 Telur

Source: https://liannyhendrawati.com/resep-brownies-kukus-amanda-lembut-4-telur/