Skip to content

Resep Kerupuk Nasi Sisa Tanpa Bleng

Halo guys! bingung buat apa untuk camilan sehari hari dengan menggunakan bahan bahan yang ada di dapur rumah anda? Yuk simak resep membuat kerupuk nasi ini!

Kerupuk di Indonesia merupakan makanan ringan atau camilan yang sangat penting. Karena camilan ini disukai atau digemari hampir semua kalangan masyarakat. Katanya kalau makan tidak ada kerupuk seperti ada yang kurang. Nah karena hal ini lah yang membuat kerupuk, salah satunya kerupuk nasi atau gendar memiliki peluang usaha yang bagus. Untuk lebih jelasnya anda bisa membaca cara membuat gendar, di artikel tersebut berisi analisis usaha kerupuk nasi atau gendar.

Untuk memulai usaha ini anda tidak perlu mengeluarkan modal terlalu banyak karena mesin yang di pakai untuk usaha ini bisa anda beli di rumahmesin.com . Anda bisa membeli mesin kualitas yang bagus dengan harga yang terjangkau.

Sebelum kita ke resepnya alangkah baiknya anda Mengerti bagaimana cara memilih beras yang bagus untuk di jadikan bahan baku pembuatan kerupuk nasi ini, cuss simak pembahasannya.

Cara Memilih Beras Yang Berkualitas

Menjadi salah satu bahan makanan pokok di asia terutama Indonesia, beras menjadi komoditas yang begitu penting. Ada berbagai macam jenis beras yang ada di Indonesia dengan berbagai kualitas pula. Kualitas dari beras inilah yang sangat menentukan rasa nasi ataupun olahan beras lainnya yang seperti kerupuk nasi, lontong, ketupat, arem-arem , dan lain sebagainya.

Dengan mengetahui kualitas beras menjadi salah satu hal yang sangat penting karena dari situlah anda dapat menilai apakah beras yang anda beli layak dikonsumsi atau tidak. Apabila anda masih bingung bagaimana cara memilih beras yang memiliki kualitas yang baik, berikut ini beberapa cara yang bisa anda lakukan dalam memilih beras.

Jangan tergiur harga murah

Sadar ataupun tidak, anda biasanya memilih beras dengan berdasarkan pada harga yang ditawarkan. Harga dari beras sendiri sebenarnya ditentukan berdasarkan kualitasnya loh. Beras yang memiliki kualitas kurang baik biasanya juga dijual dengan harga yang murah begitupun sebaliknya sebaliknya.

Walaupun beras dijual dengan harga yang murah atau sangat murah, namun sebaiknya anda jangan mudah tergoda begitu saja tanpa mempertimbangkan faktor faktor yang lain. Bisa jadi beras yang dijual dengan harga yang murah ternyata kualitasnya tidak bagus.

Perhatikan tekstur beras

Salah satu cara untuk melihat kualitas dari beras yaitu dengan cara memperhatikan tekstur dari si beras itu sendiri. Anda dapat mencoba meremas beras dengan menggunakan tangan untuk merasakan bagaimana teksturnya. Beras yang berkualitas tinggi seharusnya terasa keras dan juga tidak mudah untuk rapuh.

Popular:   1 Sachet Puding Jadi Berapa Cup

Jika beras menjadi rapuh saat anda remas, biasanya beras tersebut tidak memiliki kualitas yang bagus. Pastikan saat anda meremas beras dengan menggunakan tangan kering untuk melihat teksturnya lebih jelas. Tidak hanya itu, jika beras yang anda remas cenderung menempel pada telapak tangan, kemungkinan beras tersebut sudah dicampur oleh oknum dengan bahan pelicin.

Cium aroma beras

Tips selanjutnya selain dari teksturnya, kualitas beras juga dapat anda lihat dari aroma atau wangi yang dihasilkan. Beras yang memiliki kualitas baik memiliki aroma yang wangi khas beras. Apabila beras tersebut beraroma apek ataupun beraroma zat kimia, itu berarti kualitas beras tersebut kuranglah baik.

Ada juga beras yang memiliki aroma wangi namun aroma tersebut bukan berasal dari beras itu sendiri namun berasal dari zat pewangi buatan yang dicampur ke dalam beras.

Lihat kondisi beras

Sebelum anda membeli beras, alangkah baiknya anda benar-benar teliti dengan memperhatikan kondisi beras tersebut. Beras yang berkualitas baik harus bebas dari kotoran, kerikil ataupun gabah di dalamnya. Selain itu, hindarilah untuk membeli beras yang sudah memiliki kutu karena kondisi tersebut menjadi salah satu indikasi jika beras sudah disimpan terlalu lama dan kualitasnya juga kurang bagus. Hindarilah untuk membeli beras yang terlalu kotor ataupun terlalu putih warnanya, karena bisa jadi beras tersebut memiliki kualitas yang tidak bagus.

Coba gigit beras

Jika anda masih tidak yakin juga, anda dapat mencoba menggigit beras yang akan anda beli. Beras yang berkualitas baik akan terasa keras dan juga kuat apabila digigit. Namun jika beras yang anda gigit mudah rapuh serta patah, ini berarti beras tersebut kualitasnya kurang bagus.

Hal tersebut bisa saja dikarenakan beras sudah ditambah dengan air agar massa dari beras bertambah. Beras yang seperti ini biasanya mudah untuk rusak dan juga tidak bisa disimpan untuk jangka waktu yang lama.

Pastikan Membeli di Toko Terpercaya

Selain dengan memastikan berasnya tidak memiliki kutu, cara mengetahui beras yang mamiliki kualitas yang bagus berikutnya yaitu dengan cara membeli beras di toko yang sudah terpercaya. Hal ini sangat penting untuk anda lakukan supaya beras yang anda pilih benar-benar terjamin kualitasnya. Karena apabila anda membeli beras di toko yang sembarangan dapat menimbulkan dampak yang tidak baik karena anda tidak tau penjualnya jujur atau tidak.

Popular:   Cara Buat Terang Bulan Teflon Lembut

Oleh sebab itu, pilihlah toko yang benar-benar memberikan produk beras yang aman dan juga menyehatkan. Dan yang terpenting yaitu usahakan untuk memilih beras yang masih dalam kondisi baru.

Wah bermanfaat banget ya tips tadi semoga dapat membantu anda dalam memilih dan membeli beras dengan kualitas yang bagus. Selanjutnya saya akan berbagi resep yang ditunggu tunggu nih yuk simak resep berikut ini:

Resep Membuat Kerupuk Nasi

Anda memiliki nasi yang tidak habis atau nasi sisa? mau di buang tapi sayang. Eits jangan langsung di buang ya, anda bisa loh mengolahnya lagi menjadi kerupuk nasi. Tetapi tidak semua nasi sisa bisa anda gunakan ya! hanya nasi sisa yang masih dalam keadaan bagus belum berbau dan berubah warna.

Resep Membuat Kerupuk Nasi 1:

Bahan- Bahan:

  • 1 mangkok nasi sisa
  • 1 mangkok tepung tapioka
  • 5 siung bawang putih, haluskan
  • 1 sdt ketumbar bubuk, haluskan
  • secukupnya Garam atau penyedap rasa
  • Air secukupnya untuk merebus

Cara Pembuatan Kerupuk Nasi Sisa:

  1. Langkah pertama yaitu dengan merendam nasi putih selama kurang lebih 2 jam, kemudian tiriskan nasi.
  2. Haluskan nasi dengan menggunakan blender hingga halus, anda bisa juga menumbuknya manual (Tapi saya menyarankan menggunakan blender supaya lebih mudah). Tambahkanlah sedikit air apabila saat memblender terasa berat, lalu masukkan bahan bahan yang lainnya.
  3. Selanjutnya masukkan tepung tapioka sedikit demi sedikit sembari diaduk sampai adonan berubah menjadi kalis
  4. Bentuklah adonan menjadi silinder atau seperti bentuk lontong.
  5. Kemudian rebuslah adonan yang sudah dibuat berbentuk silinder tersebut sampai mengambang di permukaan.
  6. Simpanlah adonan ke dalam lemari es atau kulkas semalaman atau sampai adonan menjadi padat dan juga mudah untuk di potong.
  7. Setelah adonan di potong, tata kerupuk di atas tampah atau loyang kemudian jemur adonan kerupuk tersebut minimal selama 2 hari, tergantung dengan cuaca sampai adonan kerupuk nasi terlihat seperti merekah.
  8. Gorenglah kerupuk nasi pada wajan yang berisi minyak panas dengan nyala api yang kecil. Setelah berubah wana menjadi kekuningan itu tandanya sudah matang, angkat dan tiriskan, gunakan tissue makan untuk mengurangi minyak yang menempel pada kerupuk nasi.
Popular:   Bolu Kukus 1 Telur Tanpa Sp

Resep Membuat Kerupuk Nasi 2:

Bahan – Bahan:

  • 500 gram nasi sisa
  • 300 ml air
  • 400 gr tepung tapioka
  • 4 siung bawang putih (cincang kasar)
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt kaldu
  • 2 lembar daun seledri
  • 1/2 sdt lada bubuk

Cara Pembuatan Kerupuk Nasi Sisa:

  1. Siapkanlah nasi sisa,rendam nasi tersebut dengan menggunakan air panas hingga nasi berubah menjadi lembek.
  2. Blender atau haluskan semua bahan yang sudah di sebutkan di atas, kecuali tepung tapioka hingga adonan berubah menjadi seperti bubur
  3. Setelah anda blender hingga halus,tambahkan tepung tapioka secara berkala sedikit demi sedikit dan aduk sampai adonan kalis, apabila adonan masih cair  anda boleh menambahkan tepung lagi hingga adonan kalis dan dapat di bentuk.
  4. Selanjutnya yaitu bentuk adonan menjadi gulungan, seperti kerupuk yang basah. Dan disini adonan milik saya ke encer an, dan tidak ada tepung lagi untuk menambahkan kekentalan adonan, jadi saya memasukan adonan ke dalam kantong plastik dan merebusnya.
    note: hati hati dalam menambahkan air saat blender nasi dan sediakan tepung tambahan untuk berjaga jaga.
  5. Agar mudah saat di iris, saya masukan adonan ke dalam kulkas kurang lebih selama 6 jam. Dan saya diamkan sehari di dalam kulas supaya tidak lengket pada saat proses pengirisan kerupuknya.
  6. Jika sudah keras dan tidak lengket lagi ptong adonan secara tipis.
  7. Setelah semua adonan di iris tipis, tata irisan adonan pada loyang atau tampah untuk menjemurnya. Pastikan kerupuk tidak saling bertimpa atau bertindihan agar cepat mengering.
  8. Setelah di tata jemur adonan sampai kering. Saya membutuhkan waktu 2 hari saja karena cuaca saat penjemuran bagus.
  9. Jika sudah kering, kerupuk siap untuk di goreng. Gorenglah kerupuk pada minyak yang panas dengan nyala api sedang.
  10. Simpan kerupuk di tempat yang kedap udara seperti toples.

Nah itu tadi resep resep dan juga tips dari saya. Giman, gampang banget kan? semoga resep dan tips tadi bisa bermanfaat dan juga anda bisa menerapkannya ya. Terima kasih.

Resep Kerupuk Nasi Sisa Tanpa Bleng

Source: https://www.novi-marof.com/2021/02/15/resep-membuat-kerupuk-nasi/