Skip to content

Cara Mengolah Umbi Garut Untuk Asam Lambung

Umbi garut adalah salah satu tanaman yang sebenarnya bukan berasal dari Indonesia. Kita pasti menduga kalau tanaman ini asalnya dari daerah Garut. Padahal aslinya umbi garut berasal dari Filipina dan banyak dijumpai di Kepulauan Karia dan Amerika Selatan. Berbeda dengan jenis umbi-umbian lainnya yang banyak ditanam di lahan pertahian, tanaman garut ini justru lebih banyak ditanam di pekarangan rumah di daerah pedesaan. Hal ini dikarenakan umbi garut lebih sering dijadikan sebagai cadangan makanan pada saat musim paceklik. Umbi garut ini memiliki bentuk lonjong dengan warna putih agak kekuningan dan ada garis-garis horizontal pada bagian luarnya.

Umbi garut sangat bagus dikonsumsi karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Menurut situs pustaka.setjen.pertanian.go.id, umbi garut ini mengandung energi, lemak, protein, air, serat, dan pati. Tapi selain itu, umbi garut juga memiliki kandungan vitamin dan mineral seperti zat besi, magnesium, fosfor, vitamin B6, kalium, folat, riboflavin, dan tiamina. Dengan banyaknya kandungan di dalam umbi-umbian ini, maka tak heran kalau ada banyak manfaat umbi garut seperti:

  • Manfaat Umbi Garut untuk Obati Sakit Lambung

Manfaat umbi garut yang pertama adalah bisa mengobati penyakit lambung. Kandungan sari pati pada umbi garut ternyata bisa meningkatkan kadar pH lambung sehingga bisa menurunkan jumlah dan luka pada lambung. Hal ini diperkuat dalam jurnal Potensi Antibakteri Umbi Garut sebagai Bahan Makanan Prebiotik yang di dalamnya dijelaskan kalau umbi garut bisa dijadikan sebagai makanan prebiotik yang di dalamnya mengandung pati resisten.

Pati resisten ini yang masuk ke dalam usus besar akan difermentasikan menjadi prebiotik baik yang bisa melawan bakteri jahat. Dengan begitu usus akan bebas dari bakteri jahat yang bisa menyebabkan beragam penyakit pencernaan. Selain bisa menetralisir asam lambung, umbi garut juga bisa mengurangi sakit maag yang kronis serta diare. Umbi garut bisa memproduksi lactobacillus sp aerob yang merupakan prebiotik oligosaccharida yang punya kemampuan untuk menghalau bakteri patogen penyebab diare.

  • Bermanfaat Bagi Orang yang Sedang Diet
Popular:   Resep Donat Kentang Mini Yang Legit Di Mulut

Manfaat umbi garut berikutnya selain bisa mengobati penyakit lambung adalah sangat bagus untuk orang yang sedang berdiet. Dari jurnal Umbi Garut Sebagai Alternatif Pengganti Terigu, tanaman ini telah dibudidayakan di India Barat untuk dijadikan sebagai pengganti tepung terigu. Umbi garut memiliki kandungan karbohidrat dan energi yang cukup tinggi, tapi kadar proteinnya lebih rendah dibandingkan beras, jagung, serta umbi-umbian lainnya. Meski demikian, kandungan seratnya lebih pendek sehingga mudah dicerna dan bisa bertahan lama dalam tubuh sehingga bagus dikonsumsi oleh orang yang sedang berdiet.

  • Umbi Garut untuk Ibu Hamil

Dibandingkan dengan jenis umbi-umbian lainnya, umbi garut memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Tanaman ini pada akarnya memiliki kandungan folat atau vitamin B9 yang bagus untuk pembentukan DNA pada janin dalam kandungan sehingga sangat bagus dikonsumsi oleh ibu hamil. Kandungan glutennya yang rendah juga bisa bermanfaat untuk mencegah perut kembung yang seringkali dialami oleh ibu hamil yang diakibatkan oleh berbagai macam hal. Mulai dari dikarenakan pertumbuhan janin yang menekan bagian perut sehingga membuat proses pencernaan berjalan lebih lambat dari biasanya hingga yang disebabkan oleh meningkatnya hormon progesteron.

  • Umbi Garut Bisa untuk Kurangi Risiko Anemia

Untuk manfaat selanjutnya dari umbi garut ini bisa mengurangi risiko anemia. Hal ini diperkuat dari sebuah jurnal berjudul Umbi Garut Kurangi Risiko Anemia. Dalam umbi garut terdapat karbohidrat alami yang murni dan memiliki kekentalan tinggi. Meski kandungan protein dan lemak dalam umbi garut ini rendah, tapi kandungan fosfor dan zat besinya jauh lebih tinggi dibandingkan jenis tepung-tepungan lainnya. Dengan tingginya kandungan fosfor dan zat besi, maka akan sangat berguna untuk mengurangi risiko anemia. Konsumsi umbi garut setiap harinya, bisa dalam bentuk tepung yang diolah menjadi aneka olahan makanan hingga diparut dan diperas airnya untuk diminum.

  • Umbi Garut untuk Kekebalan Tubuh
Popular:   Cara Membuat Soto Iga Sapi Bening

Manfaat umbi garut lainnya adalah bisa digunakan sebagai asupan yang meningkatkan kekebalan tubuh. Dalam tanaman umbi garut terdapat lactobacillus sp aerob yang mengandung prebiotik oligosaccharida sehingga bisa menghilangkan bakteri jahat dalam usus. Usus yang sehat akan membuat daya tahan tubuh meningkat. Pasalnya, makanan yang dikonsumsi bisa diserap dengan baik nutrisinya oleh usus sehingga tubuh mendapat asupan gizi yang lebih maksimal. Dengan kandungan nutrisi lengkap yang didapat oleh tubuh, pastinya imunitas juga akan lebih tinggi.

Untuk bisa mendapatkan berbagai manfaat kesehatan dari umbi garut, kini dapat dilakukan dengan cara mengonsumsi Oriflakes. Oriflakes dalah sereal umbi garut pertama di Indonesia yang berbahan baku utama umbi garut. Sudah banyak yang membuktikan khasiat bagi kesehatan umbi garut dengan berbagai

testimoni oriflakes

. Bahkan banyak
testimoni oriflakes untuk asam lambung
, Di mana di dalam Tepung Garut ini adalah tepung bebas gluten yang diperoleh dari ekstrak pati tanaman garut (Maranta arundinacea L.).

Tepung ini memiliki khasiat mencegah maag dan gangguan pencernaan lain serta menurunkan kadar kolesterol. Kandungan indeks glisemik tepung garut hanya 1/7 dari tepung terigu dan tidak menyebabkan kenaikan gula darah. Selain itu pati tepung garut juga mudah dicerna, cocok untuk makan bayi dan manula. Tak banyak yang tahu, tanaman yang satu ini ternyata bisa dikonsumsi sebagai pengganti gandum dan beras. Selama ini, kita sudah terjebak oleh gandum. Hampir setiap saat kita konsumsi gandum yang berujud roti, pasta, pizza dan lain-lain.

HEAD OFFICES ORIFLAKES

JL. Imogiri Timur KM.9, Bantul, Yogyakarta

WhatsApp : 0888-0279-4039

Cara Mengolah Umbi Garut Untuk Asam Lambung

Source: https://ulukhar.com/berita/khasiat-menakjubkan-bagi-kesehatan-dengan-konsumsi-umbi-garut-ac6a87e375.php