Skip to content

Cara Mengolah Jantung Pisang Agar Tidak Hitam

Jakarta:
Jantung pisang ini ternyata memiliki rasa yang cocok dimasak dengan aneka bumbu yang sedap rasanya.

Bahkan beberapa daerah di Indonesia memiliki resep masakan dengan jantung pisang. Contoh saja Gohu lo putungo yang merupakan rujak jantung pisang asal Gorontalo.

Meski begitu, masih jarang orang mengolah jantung pisang untuk dijadikan masakan sehari-hari. Ternyata, selain rasanya cocok dipadu dengan bumbu-bumbu, jantung pisang ini bisa rasanya pahit kalau tidak diolah dengan benar.

Sayang banget kan kita bisa menikmati jantung pisang? Apalagi ternyata jantung pisang punya manfaat menurunkan kadar gula dalam darah.

Buat yang penasaran dengan rasa masakan yang menggunakan jantung pisang, simak dulu resep atau cara mengolah jantung pisang agar enak dan tidak pahit berikut ini dilansir dari Endeus TV untuk kamu ENDEUSiast pencinta aneka masakan.

1. Cara memilih jantung pisang yang bagus

Jantung pisang yang sering dikonsumsi adalah jantung pisang dari pisang batu. Hal ini dikarenakan rasanya tidak terlalu sepah dan getahnya juga tidak terlalu pekat sehingga lebih mudah dihilangkan.

Lebih baik pilih jantung pisang yang sudah tua. Kalau getah yang dikeluarkan tidak pahit maka jantung pisang itu bisa diolah.

Selain pisang batu, jenis pisang lain yang bisa kita pilih adalah pisang raja, pisang kepok dan lainnya, jangan pisang Ambon karena biasanya pahit.

Tidak semua bagian jantung pisang ini bisa dimakan ya. Hanya bagian pisang terdalam saja yang bisa dimakan.

Bagian merah dari jantung pisang tidak dimakan karena banyak getahnya dan tentunya tak akan enak pas dimakan.

2. Cara menghilangkan getah jantung pisang

Jantung pisang ini Cuma bisa dimakan bagian dalamnya saja. Jadi sebelum kita olah, kita kupas dulu bagian kulit merahnya hingga dapat bagian putihnya.

Popular:   Cara Membuat Tempe Orek Kering Simple

Meski sudah memilih jantung pisang yang tidak banyak getahnya, tetap saja harus kita hilangkan getah yang ada pada jantung pisang.

Supaya jantung pisang bisa hilang getahnya, kita potong jantung pisangnya menjadi empat bagian. Selain menghilangkan getahnya, memotong jantung pisang menjadi empat bagian bisa mencegahnya tidak cepat menghitam.




(Tumis jantung pisang bisa jadi salah satu yang bisa kamu coba lho. Dijamin pasti enak deh dengan mengikuti langkah di dalam artikel ini ya. Foto: Dok. Instagram Kumpulan Resep Masak/@kumpulanresepmasak)

3. Cara menghilangkan rasa pahit pada jantung pisang

Sudah dibelah menjadi empat bagian, jantung pisang ini harus segera direbus supaya tidak keburu menghitam. Sebelum memasukkan jantung pisang dalam air rebusan, pastikan airnya sudah mendidih dan jumlahnya mampu merendam semua jantung pisangnya.

Jantung pisang ini teksturnya berlapis-lapis, sehingga saat direbus akan terpisah sehingga menjadi sangat tipis. Karena sangat tipis, saat direbus pasti akan segera mengambang.

Makanya saat merebus jantung pisang dan mulai mengambang harus ditahan dengan menggunakan saringan supaya terendam sempurna.

Jangan hanya direbus saja, kita harus membolak-balik jantung pisang yang direbus. Tujuannya supaya semua getah yang menempel bisa larut dalam air mendidih sehingga jantung pisang bisa matang merata.

4. Cara menghilangkan warna hitam pada jantung pisang

Untuk menghilangkan warna hitam pada jantung pisang, kamu bisa merebusnya berkali-kali. Saat sudah mendidih, air rebusan pertama ini langsung dibuang untuk menghilangkan warna hitamnya.

Setelah itu kita peras jantung pisang setelah matang. Habis itu jantung pisangnya kita peras hingga warna hitamnya benar-benar keluar.

Jika warna jantung pisangnya belum putih betul, lakukan proses ini hingga jantung pisang tidak menghitam lagi.

Popular:   Cara Membuat Terang Bulan Sederhana Di Rumah

5. Cara mengolah jantung pisang

Setelah jantung pisang sudah diproses, langkah selanjutnya adalah mengolah jantung pisang. Jantung pisang ini bisa kita pisahkan dengan menggunakan tangan saja.

Sudah terpisah, kita bisa merendamnya di dalam air es, bagi yang menginginkan tekstur jantung pisangnya lebih renyah lagi.

Jantung pisang ini lalu bisa kita olah menjadi berbagai macam masakan. Contohnya kita tumis saja menggunakan bumbu iris sederhana seperti bawang merah, bawang putih, dan cabai.

Bisa juga kita jadikan gulai, kari, bahkan dijadikan rujak juga bisa. Selain dijadikan aneka resep masakan tradisional, jantung pisang pun bisa dijadikan pengganti daging untuk yang sedang beralih ke gaya hidup vegetarian.

Misalnya, jantung pisang ini dibuat menjadi pengganti ikan dalam fish and chips, atau pengganti daging asap dalam pasta carbonara.

Itu dia cara mengolah jantung pisang agar enak dan tidak pahit. Kalau sudah tahu cara-caranya, pasti ingin terus memasak jantung pisang ini di rumah, deh. Jadi, selamat mencoba ya!

(TIN)

Cara Mengolah Jantung Pisang Agar Tidak Hitam

Source: https://www.medcom.id/gaya/kuliner/DkqXVQZb-5-cara-olah-jantung-pisang-agar-enak-dan-tidak-pahit