Skip to content

Cara Membuat Rawon Ayam Tanpa Kluwek

Rawon ayam tanpa kluwek. Lihat juga resep Kecambah Rawon enak lainnya. Lihat juga resep Rawon Ayam Kampung enak lainnya. Karena tidak punya persediaan kluwek akhirnya bikin rawon dengan bumbu seadanya.


Jika kamu tidak begitu menyukai rasa kluwek dan sedang tidak ingin makan daging sapi, kamu bisa mencoba resep ini yang tidak menggunakan kluwek dan menggunakan ayam saja. Meskipun begitu, rasanya tetap maknyus, kok. Simak cara membuatnya di bawah ini. resep rawon tanpa kluwek.

Sedang mencari inspirasi resep rawon ayam tanpa kluwek yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal rawon ayam tanpa kluwek yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Lihat juga resep Kecambah Rawon enak lainnya. Lihat juga resep Rawon Ayam Kampung enak lainnya. Karena tidak punya persediaan kluwek akhirnya bikin rawon dengan bumbu seadanya.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari rawon ayam tanpa kluwek, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan rawon ayam tanpa kluwek enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan rawon ayam tanpa kluwek sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Rawon ayam tanpa kluwek menggunakan 22 bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Popular:   Resep Mpasi Daging Sapi 6 Bulan

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Rawon ayam tanpa kluwek:

  1. Ambil 1/2 kg daging ayam dipotong2 dadu atau sesuai selera.
  2. Siapkan 1 bungkus bumbu rawon instan biar mantep(aq pake merk indofood).
  3. Ambil 3-4 gelas air untuk rebus ayam (sekalian untuk kuah rawonnya).
  4. Siapkan Bumbu yang dihaluskan :.
  5. Gunakan 5 siung bawang merah.
  6. Ambil 4 siung bawang putih.
  7. Ambil 3 buah kemiri.
  8. Siapkan Secukupnya ketumbar.
  9. Siapkan Secukupnya merica (boleh merica bubuk).
  10. Siapkan 3 lembar daun jeruk.
  11. Ambil 3 lembar daun salam.
  12. Siapkan 1 ruas jahe.
  13. Gunakan 1 ruas kunyit.
  14. Ambil 1 ruas laos (digeprek).
  15. Sediakan 1-2 ruas sereh (digeprek).
  16. Siapkan Secukupnyaa garam (optional).
  17. Gunakan Bahan pelengkap :.
  18. Gunakan Taoge (yang untuk soto).
  19. Ambil Daun bawang, daun seledri (diiris tipis untuk taburan).
  20. Sediakan Cabe rawit secukupnya untuk sambel (direbus, dihaluskan).
  21. Ambil secukupnya Jeruk nipis.
  22. Ambil Bawang goreng (optional).

Nah yang terjadi ketika membeli kluwek adalah asal pilih saja, tanpa tahu kalau kluwek itu harus dipilih mana yang kira-kiranya isinya bagus. Lihat juga resep Rawon Daging Sapi enak lainnya. Rawon adalah masakan Indonesia berupa sup daging berkuah hitam dengan campuran bumbu khas yang menggunakan kluwek. Rawon, meskipun dikenal sebagai masakan khas Jawa Timur (daerah Arekan), dikenal pula oleh masyarakat Jawa Tengah sebelah timur (daerah Surakarta).

Cara membuat Rawon ayam tanpa kluwek:

  1. Cuci bersih ayam, potong-potong, rebus sebentar, matikan api, sisihkan.
  2. Tumis bumbu instan dan bumbu yang dihaluskan berbarengan, masukkan laos dan sereh, tumis sampai harum, lalu masukkan air rebusan ayam beserta daging ayam yang sudah direbus.
  3. Aduk sesekali dan diamkan sampe kuah mendidih dan meresap ke ayam, sambil tes rasa.
  4. Boleh tambahkan garam sedikit sesuai selera, kalo aq gak ditambahin karena menurutku rasanya udah pas 😁.
  5. Siapkan taoge yang udah dicuci bersih, siram dengan kuah rawon yang udah mendidih, taburi daun bawang seledri dan bawang goreng.
  6. Tambahkan sambel dan perasan jeruk nipis.
  7. Rawon siap dihidangkan.. Jangan lupa nasi putih sama kerupuk emping kalo ada 😋😋.
Popular:   Resep Sop Ayam Sederhana Dan Enak

Pasti akan sangat lain rasanya karena menurut saya kluwaklah yang membuat brongkos dan rawon terasa lebih legit. Begitu pula warnanya pasti juga akan berbeda. Mungkin orang akan mengira itu soto daging jika tanpa tambahan bumbu kluwak. Begitu pula jika masak brongkos tanpa bumbu kluwak malah mungkin akan dikira sayur lodeh. Rawon merupakan ikon kuliner dari Jawa Timur.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Rawon ayam tanpa kluwek yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi ide untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Cara Membuat Rawon Ayam Tanpa Kluwek

Source: https://resepdaerah.netlify.app/4882-resep-rawon-ayam-tanpa-kluwek-anti-gagal.html