Skip to content

Cara Membuat Bolu Mengembang Dan Empuk

VIVA – Tips agar cake mengembang dan lembut sebenarnya tidak sesulit apa yang ada di otak kita. Asal, kamu harus melengkapi berbagai peralatan yang diperlukan untuk membuat cake dan juga sudah melengkapi berbagai bahan yang akan dipakai untuk membuat cake atau bolu yang enak. Membuat kue merupakan sebuah proses yang susah-susah gampang. Pasalnya, untuk membuat cake yang enak dan nikmat diperlukan kecermatan dan juga teknik yang benar supaya kue keluar dari panggangan sesuai dengan harapan.

Tapi sayang, banyak hasil kue justru lebih padat atau bantat. Jika sudah begitu, tentu perjuangan, tenaga, dan waktu yang sudah dikorbankan terasa sia-sia. Selain itu, cake juga mempunyai berbagai rasa yang sangat lezat. Kamu dapat mencampurnya dengan berbagai bahan lain, seperti buah-buahan, keju, cokelat, atau lain sebagainya. Bahkan, orang sering berkreasi dengan membuat
rainbow cake
yang sangat populer. Selain rasanya yang lezat, tekstur yang lembut juga akan membuat cake semakin digemari oleh banyak orang. Nah, berikut adalah tips agar cake mengembang dan lembut seperti disadur dari berbagai sumber.

Lantas, Bagaimana Tips Agar Cake Mengembang dan Lembut?

1. Pastikan Bahan Sudah Sesuai dengan Resep

Ilustrasi Chocolate Cake

Tahap persiapan merupakan kunci dari tips agar cake mengembang dan lembut. Salah satu yang paling penting adalah dengan menyiapkan bahan-bahan. Walaupun bahan membuat kue terkesan lebih sederhana dan mudah dicari penggantinya, tapi mengikuti resep yang sudah ditentukan adalah hal utama. Bila kamu sembarangan mengganti bahan, maka cake bisa jadi gagal dan bantat. Misalnya, dalam resep harus menggunakan tepung khusus untuk membuat kue, kamu jangan memakai tepung serba guna. Hal ini, karena tepung kue mempunyai tekstur yang lebih halus ketimbang tepung serba guna.

Popular:   Cara Membuat Sambal Tumpang Jawa Timur

2. Pakai Bahan-bahan Segar

Tepung terigu.

Tepung terigu.

Selain resep, kamu juga harus memperhatikan bahan-bahan yang akan digunakan untuk membuat kue. Bahan-bahan ini tentunya harus dalam keadaan segar, karena bahan lama akan menimbulkan rasa yang tidak sedap dan bahan pengembang yang tidak segar bisa menimbulkan hasil yang mengecewakan. Kamu dapat mengecek kesegaran pengembang terlebih dahulu sebelum dipakai.

Cara mengecek pengembang masih segar atau tidak kamu bisa mengeceknya dengan memasukan ke dalam cuka atau air panas dan tunggu sampai muncul gelembung. Bila gelembung muncul dengan cepat, maka pengembang tersebut masih dalam keadaan segar.

3. Bahan Harus Bersuhu Ruangan

telur

telur

Selain kesegaran, suhu dari bahan-bahan yang akan dipakai juga memengaruhi kualitas cake yang akan dibuat. Sebab, bahan-bahan panas atau terlalu dingin akan membuat hasil kue menjadi bantat. Apalagi bila kamu akan menggunakan telur dari kulkas, sebaiknya disimpan terlebih dahulu di dalam ruangan sampai menjadi suhu ruangan.

4. Takar Bahan Sesuai Resep

Tepung terigu.

Tepung terigu.

Tips agar cake mengembang dan lembut berikutnya adalah dengan memperhatikan takaran bahan. Bila tidak sesuai dengan resep, maka kue berisiko menjadi bantat atau tidak mengembang. Terlebih ingin menakar tepung dengan cara yang tepat adalah memakai sendok terpisah dari wadah pengukur. Lalu, usap bagian permukaan untuk membuang kelebihan bahan. Kamu juga bisa mengakurasikan dengan memakai timbangan dapur.

5. Wadah dan Peralatan Kering

Peralatan dapur

Peralatan dapur

Kini, giliran wadah dan juga peralatan yang akan dipakai untuk membuat cake harus dalam keadaan kering. Pasalnya, wadah yang berada dalam keadaan basah akan mengakibatkan tidak dapat mengembang dengan baik sehingga menjadi bantat. Sesudah wadah dan peralatan dicuci, sebaiknya didiamkan terlebih dahulu supaya mengering dengan sempurna. Bila hanya dilap, maka akan menyisakan residu air.

Popular:   Resep Bolu Gulung Kukus Ny Liem

6. Hindari Mengaduk Terlalu Lama

Ilustrasi adonan makanan

Ilustrasi adonan makanan

Photo :

  • Pixabay/Greyerbaby

Supaya adonan tercampur dengan sempurna, tips agar cake mengembang dan lembut adalah diaduk secara cepat. Pakailah mesin pengaduk elektrik jika kamu akan mengaduk margarin, telur, dan gula. Margarin dan gula dicampur terlebih dahulu, kemudian tambahkan telur dan kocok sedikit demi sedikit.

Untuk kecepatan, mulai dengan kecepatan rendah ke tinggi sampai adonan merata. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan durasi aduk adonan. Bila terlalu sebentar, maka adonan akan kempis, sementara bila terlalu lama akan menghasilkan kue yang bantat. Oleh sebab itu, kamu harus memperhatikan resep dengan benar.

7. Panaskan Oven Sebelum Memanggang

Oven microwave

Oven microwave

Photo :

  • http://www.wowmenariknya.com

Langkah yang satu ini kerap diindahkan oleh orang yang hendak membuat cake. Padahal, suhu oven yang benar akan menghasilkan kue yang mengembang secara sempurna. Panaskan oven sesuai dengan suhu yang terdapat di dalam resep, setidaknya 20 menit sebelum adonan dimasukkan ke dalam oven. Selain itu, kamu juga bisa memakai termometer.

8. Panggang di Tengan Oven

memanggang roti di oven

memanggang roti di oven

Bila sudah waktunya untuk memasukkan adonan ke dalam oven, pastikan untuk meletakkannya di tengah oven. Jangan pindahkan posisi loyang kecuali sesuai dengan arahan resep. Perubahan posisi loyang akan mengakibatkan hasil panggangan kue. Jika ingin memindahkan kue supaya mendapat warna yang senada, tunggu kue sampai mengembang terlebih dahulu.

9. Cek Kematangan

Yogurt Delight Cake

Yogurt Delight Cake

Photo :

  • Instagram Hanjiwong

Tips agar cake mengembang dan lembut terakhir adalah dengan mengecek kematangan kue. Kue yang belum mengembang sempurna bisa saja karena belum tanag. Oleh karena itu, dianjurkan untuk mengetahui dulu apakah kue sudah matang atau belum. Caranya dengan menusukan tusuk gigi atau tusuk sate ke dalam tengah kue dan lihat apakah masih banyak adonan yang menempel atau tidak. Bila banyak yang menempel, berarti adonan masih belum matang.

Popular:   Cara Membuat Kue Dari Tepung Maizena

Cara Membuat Bolu Mengembang Dan Empuk

Source: https://www.viva.co.id/gaya-hidup/kuliner/1424267-9-tips-agar-cake-mengembang-dan-lembut-serta-anti-bantat